Kompas TV internasional kompas dunia

Pangeran William Sambut Baik Penyelidikan Atas Wawancara Putri Diana tahun 1995

Kompas.tv - 20 November 2020, 07:30 WIB
pangeran-william-sambut-baik-penyelidikan-atas-wawancara-putri-diana-tahun-1995
Putri Diana ketika menghadiri makan malam kenegaraan di Australia, 7 November 1985. (Sumber: Associated Press)
Penulis : Tussie Ayu

LONDON, KOMPAS.TV - Pangeran William menyambut baik penyelidikan independen atas wawancara BBC dengan Putri Diana pada tahun 1995. William mengatakan bahwa penyelidikan tersebut adalah langkah ke arah yang benar.

Seperti dilansir dari the Associated Press, Pangeran William juga mengatakan bahwa penyelidikan harus membantu mencari kebenaran di balik tindakan dan keputusan yang diambil oleh BBC pada saat itu.

Pada hari Rabu (18/11/2020), BBC mengumumkan telah menunjuk pensiunan hakim senior untuk memimpin penyelidikan atas wawancara dengan Putri Diana tahun 1995.

Baca Juga: BBC Tunjuk Hakim Senior Pimpin Penyelidikan Wawancara Kontroversial Putri Diana

Penyelidikan dilakukan setelah saudara laki-laki Diana, Charles Spencer, membuat pengaduan pada bulan ini, bahwa jurnalis Martin Bashir menggunakan dokumen palsu dan taktik tidak jujur lainnya untuk meyakinkan Diana agar bersedia diwawancara.

Penyelidikan akan mempertimbangkan apakah langkah-langkah yang diambil oleh penyiar dan Bashir sudah tepat, dan apakah tindakan tersebut memengaruhi keputusan Diana untuk bersedia diwawancara.

Wawancara denga Diana tahun 1995 sangat fenomenal, karena dalam wawancara ini, Diana mengungkapkan adanya orang ketiga dalam pernikahannya dengan Pangeran Charles. Hal ini mengacu pada hubungan gelap Charles dengan Camilla Parker Bowles.

Baca Juga: The Crown Season 4, Putri Diana Main Sepatu Roda di Istana Buckingham

Wawancara ini ditonton oleh jutaan orang di seluruh dunia dan memberikan kejutan besar dalam keluarga kerajaan Inggris.

Diana bercerai dari Charles tahun 1996 dan meninggal dalam kecelakaan mobil di Paris pada tahun 1997, saat dia dikejar paparazzi. Charles kemudian menikahi Camilla pada tahun 2005.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x