Kompas TV internasional kompas dunia

Jokowi Hadiri KTT ASEAN-PBB dan KTT RCEP

Kompas.tv - 15 November 2020, 14:44 WIB
jokowi-hadiri-ktt-asean-pbb-dan-ktt-rcep
Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri rangkaian Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-37 ASEAN secara virtual dari Istana Bogor, Jawa Barat, Kamis (12/11/2020). (Sumber: YouTube: Sekretariat Presiden)
Penulis : Deni Muliya

BOGOR, KOMPAS.TV - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri sejumlah konferensi di hari terakhir rangkaian KTT ke-37 ASEAN secara virtual dari Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, yang berlangsung pada Minggu, (15/11/2020). 

Baca Juga: Hadiri KTT Asia Timur, Jokowi Singgung Soal Kesehatan Hingga UNCLOS

Jokowi mengawali rangkaian acara dengan menghadiri KTT ke-11 ASEAN-PBB. 

Selanjutnya, ia juga hadir pada KTT ke-4 Regional Comprehensive Economic Partnership (RCEP).

Mengutip siaran pers Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia pada 9 November 2020 lalu, RCEP merupakan perjanjian perdagangan bebas di kawasan yang melibatkan 15 negara. 

Perjanjian tersebut memiliki tujuan untuk membuka akses pasar, menyediakan fasilitas perdagangan dan investasi, serta mempromosikan integrasi ekonomi regional.

Di tengah upaya pemulihan ekonomi akibat pandemi Covid-19 saat ini, penandatanganan perjanjian RCEP diharapkan dapat membantu meningkatkan kepercayaan dunia usaha sekaligus menjaga stabilitas industri dan rantai pasok regional dan global, serta menunjukkan dukungan kawasan untuk sistem perdagangan multilateral yang terbuka, inklusif, dan berbasis aturan.

Rangkaian KTT ke-37 ASEAN ini ditutup dengan upacara penutupan yang berlangsung siang ini. 

Pada upacara penutupan tersebut sekaligus ada serah terima keketuaan ASEAN dari Vietnam kepada Brunei Darussalam.

Baca Juga: Dari Istana Bogor, Jokowi Hadiri KTT Ke-37 ASEAN secara Virtual

Untuk diketahui, rangkaian KTT ke-37 ASEAN ini dimulai pada Kamis, 12 November 2020, lalu dengan Vietnam, yang pada tahun ini terpilih sebagai Ketua ASEAN, bertindak selaku tuan rumah.

Rangkaian KTT tersebut membahas langkah bersama untuk mencegah dampak kesehatan yang lebih luas dari pandemi Covid-19 bagi kawasan. 

Para kepala negara atau pemerintahan ASEAN juga membahas prioritas pengembangan ekonomi di kawasan dengan negara-negara mitra untuk menangani dampak ekonomi dan sosial akibat pandemi.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x