Kompas TV nasional berita kompas tv

KPK Bantu Pemerintah Inggris Investigasi Dugaan Korupsi Garuda Indonesia

Kompas.tv - 7 November 2020, 18:28 WIB
kpk-bantu-pemerintah-inggris-investigasi-dugaan-korupsi-garuda-indonesia
Pesawat Garuda Indonesia (Sumber: Wikipedia)
Penulis : Laura Elvina

JAKARTA, KOMPAS.TV - Komisi Pemberantasan Korupsi menyatakan siap membantu Lembaga Anti Korupsi Inggris atau Serious Fraud Office dalam investigasi dugaan korupsi Garuda Indonesia.

Juru Bicara KPK Ali Fikri menyatakan KPK sudah bekerja sama dengan SFO Inggris dan CPIB Singapura dalam mengusut kasus pengadaan pesawat Bombardier CRJ1000, yang dilakukan Garuda Indonesia saat kepemimpinan Emirsyah Satar.

"Sejauh ini KPK dalam kerangka kerjasama internasional sudah lama menjalin kerjasama dengan otoritas asing baik agent to agent maupun melalui MLA," ujar Ali Fikri.

"Sejak awal menangani perkara dugaan suap terkait dengan pengadaan mesin pesawat PT. Garuda Indonesia, KPK telah bekerja sama dengan otoritas penegak hukum di beberapa negara terkait, di antaranya SFO Inggris dan CPIB Singapura," tambahnya.

Ali menambahkan, KPK dan SFO saling bertukar informasi terkait perkara suap yang diduga melibatkan mantan Direktur Utama Garuda Indonesia Emirsyah Satar.

"Satu diantaranya dengan pihak SFO, dalam bentuk tukar menukar data dan informasi, utamanya saat KPK sedang menangani perkara suap yang melibatkan (Eks) Direktur Utama Garuda Indonesia dkk tersebut," tambahnya.

Baca Juga: KPK Inggris Selidiki Dugaan Korupsi Garuda Indonesia, Erick Thohir: Kami Dukung



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x