Kompas TV regional berita daerah

Ini Siasat Pengusaha Kuliner Tingkatkan Omzet Saat Pandemi COvid-19

Kompas.tv - 30 Oktober 2020, 13:18 WIB
Penulis : KompasTV Jember

JEMBER, KOMPAS.TV - Pengusaha kuliner bakso di Kabupaten Jember Jawa Timur membuat inovasi bakso kemasan siap saji. Inovasi ini dilakukan agar usahanya tetap bertahan di tengah pandemi Covid-19. Kini bakso kemasan siap saji miliknya dipesan oleh warga di sejumlah daerah dan mancanegara.

Adalah Sheilla Amanda Mukaromah, pengusaha kuliner bakso klenger di Kecamatan Ambulu Kabupaten Jember, yang merasakan betul dampak pandemi Covid-19. Usaha kulinernya yang awalnya ramai, mendadak sepi. Bahkan ia sempat meliburkan sebagian besar karyawannya di awal pandemi.

Ibu 2 anak ini pun mencari cara agar usaha kulinernya tetap bergeliat. Ia kemudian mengemas aneka macam bakso ke dalam kemasan siap saji, mulai dari bakso beranak, bakso iga, bakso lava, bakso kerikil hingga bakso lobster.

Sheilla mengatakan bakso kemasan dilengkapi bumbu dan sambal sehingga mudah disajikan. Ia juga menyediakan adonan bakso dalam kemasan agar pembeli bisa membuatnya sendiri di rumah. Agar tetap awet dan tahan lama, bakso siap saji ini dikemas menggunakan mesin kedap udara.

Dengan cara ini, warga pun tak perlu keluar rumah untuk menikmati bakso, pembeli cukup memesan secara daring dan langsung dikirim ke alamatnya.

“Warga tak perlu khawatir soal rasa, karena rasa bakso dalam kemasan sama enaknya dengan bakso yang disajikan langsung di warung bakso klenger” ujar Sheilla.

Harga bakso kemasan bervariasi mulai dari 40 ribu hingga 150 ribu rupiah sesuai dengan banyaknya isi dan rasa. Bakso dalam kemasan tersebut tak hanya dijual di dalam negeri, namun juga diekspor hingga ke Malaysia dan Hongkong.

Dalam sebulan, Sheila mampu meraih omzet jutaan rupiah dan ia masih bisa mempekerjakan belasan karyawannya lagi di tengah pandemi corona.

#PengusahaKuliner #PandemiCovid-19 #BaksoKemasan

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x