Kompas TV video cerita indonesia

Pengusaha Pariwisata Bali Terima Rp 1,2 Triliun Dana Bantuan

Kamis, 22 Oktober 2020 | 20:40 WIB
Penulis : Laura Elvina

KLUNGKUNG, KOMPAS.TV - Pelaku usaha pariwisata  baik hotel restoran dan sejenisnya mendapat angin segar dari pemerintah setelah mati suri sejak bulan Maret lalu.

Pemerintah melalui Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menggelontorkan dana sebesar Rp 1,2 Triliun untuk sektor usaha pariwisata Bali.

Dari seluruh total dana yang diterima pemerintah Bali, Rp 9,7 Miliar di antaranya diberikan untuk Kabupaten Klungkung.

Menurut Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta, anggaran tersebut diperuntukkan kepada pelaku usaha dengan ketentuan pemerintah.

Ketentuan yang dimaksud adalah pelaku usaha sudah mengantongi izin dan mebayar pajak serta masih beroperasi dan tidak bangkrut hingga bulan Agustus 2020 lalu.

"9,7 miliar tentu pemanfaatan sebesar 70 pesen untuk pemilik akomodasi dalam artian yang sudah bayar pajak dan berijin, yang nantinya dibagi secara propossional berdasarkan besar kecilnya pajak restoran, yang dibayar kepada pemda," ujar Suwirta.

Dana yang diberikan tersebut dikhususnya untuk keberlangsungan usaha wisata  mulai dari mebayar gaji pegawai dan menghidupkan kembali usaha mereka.

Bali yang sangat bergantung pada pariwisata memang paling terdampak pandemi sehingga mendapatkan bantuan terbanyak dari pemerintah pusat.

Baca Juga: Objek Wisata Penglipuran Kembali Dibuka


Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.


BERITA LAINNYA


Close Ads x