Kompas TV klik360 cerita indonesia

Pengusaha Pariwisata Bali Terima Rp 1,2 Triliun Dana Bantuan

Kamis, 22 Oktober 2020 | 20:40 WIB

KLUNGKUNG, KOMPAS.TV - Pelaku usaha pariwisata  baik hotel restoran dan sejenisnya mendapat angin segar dari pemerintah setelah mati suri sejak bulan Maret lalu.

Pemerintah melalui Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menggelontorkan dana sebesar Rp 1,2 Triliun untuk sektor usaha pariwisata Bali.

Dari seluruh total dana yang diterima pemerintah Bali, Rp 9,7 Miliar di antaranya diberikan untuk Kabupaten Klungkung.

Menurut Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta, anggaran tersebut diperuntukkan kepada pelaku usaha dengan ketentuan pemerintah.

Ketentuan yang dimaksud adalah pelaku usaha sudah mengantongi izin dan mebayar pajak serta masih beroperasi dan tidak bangkrut hingga bulan Agustus 2020 lalu.

"9,7 miliar tentu pemanfaatan sebesar 70 pesen untuk pemilik akomodasi dalam artian yang sudah bayar pajak dan berijin, yang nantinya dibagi secara propossional berdasarkan besar kecilnya pajak restoran, yang dibayar kepada pemda," ujar Suwirta.

Dana yang diberikan tersebut dikhususnya untuk keberlangsungan usaha wisata  mulai dari mebayar gaji pegawai dan menghidupkan kembali usaha mereka.

Bali yang sangat bergantung pada pariwisata memang paling terdampak pandemi sehingga mendapatkan bantuan terbanyak dari pemerintah pusat.

Baca Juga: Objek Wisata Penglipuran Kembali Dibuka

Penulis : Laura Elvina





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
17:00
WHO: VARIAN DELTA JENIS VIRUS KORONA TERCEPAT DAN TERKUAT, VAKSINASI HARUS DIPERCEPAT   VAKSIN COVID-19 SPUTNIK V TELAH DIGUNAKAN DI 40 NEGARA   WHO TEMUKAN MASALAH DI SITUS PRODUKSI VAKSIN COVID-19 BUATAN RUSIA, SPUTNIK V   MANTAN PRESIDEN FILIPINA BENIGNO AQUINO III MENINGGAL DUNIA SETELAH SAKIT BEKERPANJANGAN   MENHUB BUDI KARYA SUMADI SEBUT PENGEMBANGAN PELABUHAN ANGGREK DI GORONTALO DIMULAI TAHUN INI   BALE KOTA TASIKMALAYA DITUTUP SEMENTARA SELAMA SEPEKAN SETELAH PLT WALI KOTA M YUSUF POSITIF COVID-19   PLT WALI KOTA TASIKMALAYA M YUSUF POSITIF TERINFEKSI COVID-19   POLISI TANGKAP 200 SIMPATISAN RIZIEQ SHIHAB DI PN JAKARTA TIMUR, ADA YANG MEMBAWA SENJATA TAJAM   RIZIEQ SHIHAB AJUKAN BANDING ATAS VONIS 4 TAHUN PENJARA DALAM PERKARA KASUS TES USAP DI RS UMMI BOGOR   TERBUKTI SEBAR BERITA BOHONG DAN BUAT ONAR, RIZIEQ SHIHAB DIVONIS 4 TAHUN PENJARA DALAM KASUS TES USAP DI RS UMMI BOGOR   KEMENPERIN GANDENG ASOSIASI GAS INDUSTRI INDONESIA (AGII) JAGA PASOKAN OKSIGEN RS YANG MENANGANI COVID-19   IKATAN DOKTER ANAK INDONESIA: 2.972 ANAK DI BANTEN POSITIF COVID-19, TERJANGKIT DARI ORANGTUA YANG ABAI PROKES   KEMENDIKBUD-RISTEK AKUI PEMBELAJARAN JARAK JAUH DI BANYAK DAERAH BELUM OPTIMAL KARENA BANYAK KENDALA   KEMENDIKBUD-RISTEK: JIKA PEMBELAJARAN TATAP MUKA TERBATAS DILAKUKAN SAAT INI, MAKA BISA ATAS "LEARNING LOSS"