Kompas TV bisnis ekonomi dan bisnis

Jumlah Penumpang Pesawat Bandara Juanda Jatim Melesat

Kompas.tv - 19 Oktober 2020, 19:10 WIB
jumlah-penumpang-pesawat-bandara-juanda-jatim-melesat
BANDARA JUANDA, SIDOARJO-JAWA TIMUR. (Sumber: KOMPAS.COM)
Penulis : Dyah Megasari

SIDOARJO, KOMPASTV. Turbulensi bisnis maskapai penerbangan secuil mereda.Sinyalnya ialah, jumlah penumpang pesawat di Bandar Udara Juanda, Surabaya, Jawa Timur, selama triwulan ketiga meningkat tiga kali lipat dibanding periode sebelumnya.

Bisa jadi, lonjakan penumpang ini pertanda pulihnya kembali aktivitas ekonomi seiring membaiknya penanganan pandemi Covid-19.

Pelaksana Tugas General Manager Bandara Juanda Indah Preastuty mengatakan, jumlah penumpang yang dilayani selama rentang Juli hingga September mencapai 1,13 juta orang. Meningkat tiga kali lipat dibandingkan dengan triwulan kedua April-Juni yang hanya tercatat 411.716 orang.

Baca Juga: Pembangunan Terminal Bandara Sultan Hasanuddin

”Pemberlakuan adaptasi kebiasaan baru sejak Juli lalu tampaknya berimbas pada jumlah penumpang yang dilayani Bandara Internasional Juanda. Bahkan, total hingga akhir September ini tercatat ada 5 juta penumpang yang terbang,” ujar Indah, Senin (19/10/2020).

Indah menambahkan, peningkatan trafik atau lalu lintas penumpang di Bandara Juanda didominasi penerbangan domestik. Penerbangan internasional masih terbatas melayani repatriasi warga negara Indonesia di luar negeri. Penerbangan terbatas dengan tujuan negara tertentu.

Jumlah rata-rata penumpang per hari juga mengalami pertumbuhan yang menggembirakan. Di triwulan kedua lalu, rata-rata jumlah penumpang per hari yang dilayani 4.626 orang, sedangkan di triwulan ketiga ini rata-rata jumlah penumpang per hari menjadi 12.324 orang atau tumbuh 166,4 persen. (Dyah Megasari)



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x