Kompas TV regional berita daerah

Penemuan Benda Bersejarah di Candi Gedog Blitar

Kompas.tv - 17 Oktober 2020, 23:55 WIB
Penulis : Christandi Dimas

BLITAR, KOMPAS.TV - Puluhan benda bersejarah ditemukan saat proses ekskavasi Candi Gedog di Blitar, Jawa Timur. Dari relief yang terdapat di sejumlah benda, diduga situs Gedog merupakan peninggalan Kerajaan Majapahit.

Tim Balai Pelestarian Cagar Budaya Jawa Timur melakukan ekskavasi di Candi Gedog di Kecamatan Sananwetan, Blitar.

Satu per satu sisi yang diduga jadi bagian Candi Gedog digali oleh tim ahli. Meski masih dilakukan penggalian sedalam 1.5 meter, sejumlah benda bersejarah telah ditemukan. Selain batu bata berukuran besar, sejumlah relief bebatuan juga ditemukan.

Dari hasil penelitian sementara, relief bebatuan itu diduga kuat merupakan peninggalan Majapahit. Meski kondisinya sudah tidak utuh, ukiran yang menjadi ciri khas Kerajaan Majapahit masih terlihat jelas.

Penemuan tersebut juga memperkuat temuan Raffles pada abad ke-19 yang menyebutkan bahwa Candi Gedog memiliki relief ukiran yang indah.

Selain candi, tim juga memperkirakan ada sebuah petirtaan atau tempat mandi dewa-dewi.

Jangan lewatkan streaming Kompas TV live 24 jam non stop di https://www.kompas.tv/live agar kamu semua tidak ketinggalan berita-berita terkini, terlengkap, serta laporan langsung dari berbagai daerah di Indonesia. Subscribe juga channel YouTube Kompas TV dan aktifkan lonceng supaya kamu dapat notifikasi video terbaru langsung.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x