Kompas TV internasional kompas dunia

Tiba di Gedung Putih, Trump Langsung Lepas Masker dan Beri Hormat

Kompas.tv - 6 Oktober 2020, 11:25 WIB
tiba-di-gedung-putih-trump-langsung-lepas-masker-dan-beri-hormat
Setibanya di Gedung Putih, Presiden AS Donald Trump melepas masker dan memberi hormat pada helikopter Marine One yang mengantarnya pulang, Senin (5/10/2020). (Sumber: AP)
Penulis : Tussie Ayu

WASHINGTON, KOMPAS.TV – Presiden Donald Trump mulai menjalani perawatan dan isolasi di Gedung Putih, setelah keluar dari Pusat Medis Walter Reed, Senin (5/10/2020) waktu setempat. Setibanya di Gedung Putih, dia melepas masker dan memberi hormat pada helikopter Marine One yang telah mengantarnya dari Rumah Sakit menuju Gedung Putih.

Trump dirawat di rumah sakit selama tiga malam. Sebelumnya, dokter sempat menyatakan dia sempat mengalami penurunan kadar oksigen dalam darah, sebanyak dua kali dalam beberapa hari terakhir.

Baca Juga: Trump Keluar Rumah Sakit dan Berpesan Pada Amerika Untuk Tak Takut Covid-19

Namun setelah diperkenankan keluar dari rumah sakit, dia segera memicu kontroversi dengan menuliskan cuitan bahwa Amerika tidak boleh takut pada virus corona dalam akun Twitternya.

Trump terlihat memakai masker ketika meninggalkan Pusat Medis Militer Nasional Walter Reed untuk menunggu mobil yang membawanya ke helicopter Marine One. Dengan helicopter ini, dia kembali ke Gedung Putih.

Helikopter Marine One yang membawa Trump dari rumah sakit ke Gedung Putih. (Sumber: AP)

Baca Juga: Juru Bicara Gedung Putih Mengumumkan Dirinya Positif Covid-19

Dokter kepresidenan Sean Conley mengatakan, Trump tidak akan sepenuhnya langsung bebas beraktivitas setelah keluar dari rumah sakit. Namun kini kondisinya sudah dianggap memenuhi syarat untuk keluar dari rumah sakit.

Trump diperkirakan akan melanjutkan pemulihannya di Gedung Putih, di mana wabah telah menginfeksi level tertinggi pemerintah AS. Masih belum terungkap asal virus corona yang diidap oleh Trump.

Saat ini Trump masih bisa menularkan virus. Diperkirakan dia tidak akan langsung berkampanye setelah keluar dari rumah sakit.

Baca Juga: Jaksa Agung AS Melakukan Karantina Mandiri Karena Kontak Erat Dengan Orang-Orang Positif Covid-19

Donald Trump mengacungkan dua jempol saat berada di balkon Gedung Putih, Senin (5/10/2020). Dia menunjukkan bahwa kondisinya baik-baik saja setelah mendapat perawatan Covid-19 di rumah sakit. (Sumber: AP)

Sesaat setelah meninggalkan rumah sakit, dia menuliskan dalam Twitter, "Saya akan meninggalkan Walter Reed Medical Center hari ini jam 18.30. Saya merasa benar-benar baik! Jangan takut Covid. Jangan biarkan itu mendominasi hidup Anda. ... Saya merasa lebih baik daripada sebelumnya 20 tahun yang lalu!"



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x