Kompas TV regional berita daerah

TNI Ajar Siswa Belajar Daring dan Bahasa Daerah

Kompas.tv - 29 September 2020, 15:11 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

KARANGANYAR, KOMPAS.TV - Pengalaman bertugas di berbagai daerah di penjuru Indonesia, membuat sejumlah anggota TNI di Desa Jatiwarno, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, mengenal ragam bahasa dan budaya banyak suku di Indonesia. Pengalaman inilah yang coba mereka tularkan kepada anak-anak di desa setempat, dalam program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) reguler 109.

Para TNI yang tergabung dalam Satgas TMMD ini memang berasal dari berbagai daerah di seluruh Indonesia, atau setidaknya pernah ditugaskan di daerah-daerah tertentu.

Pengalaman mereka saat bertugas, terutama dalam mengenal bahasa dan budaya lokal daerah itulah yang coba dikenalkan kepada para siswa.

Selain untuk mengenalkan keberagaman bahasa dan budaya Indonesia kepada anak-anak, kegiatan TMMD terhadap para generasi muda ini juga bertujuan untuk menciptakan karakter cinta tanah air sejak dini.

Tak hanya pengenalan bahasa saja, anggota TMMD juga mengajari cara belajar daring kepada siswa-siswi  sekolah dasar. Sejak adanya pandemi Covid-19, sistem kegiatan belajar mengajar dialihkan menjadi daring. Banyak siswa yang masih kesulitan dalam mengikuti kegiatan belajar daring ini, karena terkadang mereka tidak mendapat pendampingan dari orang tua, karena kesibukan dalam mencari nafkah.

Pendampingan belajar daring  ini dilakukan di posko TMMD Desa Jatiwarno, Karanganyar, dengan menerapkan protokol kesehatan.

#TNI #TMMD #Karanganyar



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x