Kompas TV nasional sapa indonesia

Hari Pariwisata Sedunia Usung Tema ''Pariwisata dan Pembangunan Pedesaan''

Kompas.tv - 27 September 2020, 12:50 WIB
Penulis : Reny Mardika

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pariwisata di tanah air terus mencoba bangkit sejak merosotnya kunjungan wisatawan akibat pandemi Covid-19.

Seperti yang terlihat di Pulau Dewata, Bali, yang terus mengalami peningkatan kunjungan wisatawan sejak dibuka kembali 31 Juli lalu.

Sejumlah strategi pun dilakukan untuk kembali menggelorakan gairah pariwisata dengan tetap menyesuaikan kondisi pandemi saat ini.

Pemerintah mengedepankan clean, healty, safety, environment, atau CHSE, yaitu kebersihan, kesehatan, keamanan, dan lingkungan hidup, dalam tempat-tempat wisata untuk memastikan keamanan wisatawan.

Program ini diimplementasikan dengan mengedukasi pelaku pariwisata di  daerah-daerah salah satunya di Bali dengan program We Love Bali.

Salah satu sasarannya adalah meyakinkan bahwa berwisata di masa adaptasi kebiasaan baru dan pandemi Covid-19 sudah bisa dilakukan dengan aman.

Program We Love Bali ini sejalan dengan tema yang diusung organisasi pariwisata dunia atau UNWTO dalam peringatan Hari Pariwisata Sedunia yang jatuh tanggal 27 September ini.

Hari Pariwisata Sedunia tahun ini mengusung tema tourism and rural development atau pariwisata dan pembangunan pedesaan.

Peringatan tahun ini datang pada saat yang kritis dimana negara-negara di seluruh dunia memandang pariwisata mampu mendorong pemulihan.

Termasuk di komunitas pedesaan di mana sektor ini merupakan pemberi kerja utama dan jadi pilar ekonomi negara yang belakangan terpuruk akibat pandemi Covid-19 yang melanda dunia.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x