Kompas TV nasional peristiwa

Google Classroom Down, Kelas PJJ Siswa Langsung Bubar

Kompas.tv - 25 September 2020, 09:05 WIB
google-classroom-down-kelas-pjj-siswa-langsung-bubar
Ilustrasi Google Clasroom (Sumber: Ist/Grid.id)
Penulis : Tito Dirhantoro

JAKARTA, KOMPAS TV - Aplikasi google classroom yang popuper digunakan tenaga pengajar dan siswa untuk kegiatan belajar mengajar tiba-tiba down pada Jumat (25/9/2020).

Seperti diketahui, selama proses Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) akibat pandemi virus corona atau Covid-19, pengajar dan peserta didik memanfaatkan aplikasi buatan Google tersebut.

"Gara-gara down, jadi satu kelas PJJ bubar. Tiba-tiba Google Classroom-nya tidak bisa dibuka," kata salah satu orang tua yang tengah mengawasi anaknya mengikuti kegiatan PJJ pada Jumat (25/9/2020).

Baca Juga: Belajar di Tengah Sawah Demi Sinyal Internet

Informasi mengenai aplikasi Google Classroom tersebut lantas ramai menjadi perbincangan publik di jagat maya melalui media sosial Twitter.

Tidak hanya menggunakan aplikasi Google Classroom, sejumlah aplikasi lainnya juga dimanfaatkan tenaga pengajar untuk mengajari siswa-siswinya belajar dari rumah.

Sejumlah aplikasi tersebut antara lain Microsoft Teams, Zoom, Google Meet, Google Hangout, dan WhatsApp.

Baca Juga: Detik-detik Bocah SD Tewas Dibunuh Ibunya Saat Belajar Online, Terbongkar karena Warga Curiga

Diketahui, selama terjadi pandemi Covid-19 sekolah dari mulai tingkatan PAUD sampai bangku perkuliahan ditutup demi mencegah penularan virus corona.

Sebagai gantinya, para pelajar tersebut melakukan aktivitas belajar dari rumah melalui online.

Lantas, untuk mendukung kegiatan belajar dari rumah, pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan memberikan bantuan paket data atau internet gratis.

Baca Juga: Cara Cek Kuota Belajar Kemendikbud di Kartu Telkomsel, Indosat, Tri, XL dan Axis

Tak hanya kepada peserta didik, paket kuota internet juga diberikan kepada tenaga pengajar.

Adapaun kuota paket data yang diberikan pun jumlahnya berbeda-beda. Untuk siswa mendapat kuota sebesar 35 GB per bulan, guru 42 GB per bulan, mahasiswa dan dosen 50 GB per bulan.

Kuota yang diterima itulah digunakan siswa untuk mengakses sejumlah aplikasi yang sering dipakai guru atau dosen untuk mengirimkan materi pelajaran atau tugas.

Baca Juga: Hasil Evaluasi PJJ Selama Pandemi Corona - AIMAN (Bag4)



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x