Kompas TV bisnis kompas bisnis

Kota Makassar Bersiap Sambut Jalan Tol Layang Pertama

Kompas.tv - 20 September 2020, 16:47 WIB
kota-makassar-bersiap-sambut-jalan-tol-layang-pertama
Jalan tol layang AP Pettarani Kota Makassar yang sudah memasuki tahap akhir. (Sumber: Nusantara Infrastructure)
Penulis : Laura Elvina

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pembangunan Jalan Tol Layang A.P. Pettarani, Makassar telah memasuki tahap akhir dan akan segera dioperasikan di tahun ini.

Jalan Tol Layang ini merupakan investasi dari PT Margautama Nusantara (MUN) melalui anak usahanya PT Bosowa Marga Nusantara (BMN).

Direktur Utama PT Bosowa Marga Utama Anwar Toha menyatakan sampai dengan 17 September 2020, progres pembangunan proyek untuk konstruksi Jalan Tol Layang telah mencapai 99,22%.

"Hanya tersisa pekerjaan minor dan perapihan yang sedang dikerjakan meliputi marka jalan, pipa drainase, penerangan jalan, perambuan dan expansion joint. Keseluruhan pekerjaan minor ini akan selesai pada 30 September 2020," ujar Anwar saat media briefing secara virtual, Jumat (18/9/2020).

Baca Juga: Proyek Infrastruktur Nasional Diharapkan Jadi Penopang Ekonomi di Masa Covid-19

Anwar menyebutkan, persetujuan desain dan uji beban jembatan juga telah dilaksanakan pada Bulan Agustus 2020 dan telah disetujui melalui rekomendasi yang diterbitkan oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Selanjutnya akan dilakukan uji laik fungsi sebelum masa operasional yang direncanakan akan dilakukan pada awal bulan Oktober 2020 oleh Kementerian PUPR dan Kementerian Perhubungan.

“Penantian panjang masyarakat Makassar sebentar lagi akan segera terwujud. Seluruh proses pengerjaan proyek telah memasuki tahap akhir, dan diharapkan dapat selesai pada akhir September 2020. Sehingga Jalan Tol Layang A.P. Pettarani dapat dioperasikan secara fungsional pada bulan Oktober 2020.” tambahnya.

Secara total, proyek jalan tol layang sepanjang 4,3 km ini memiliki nilai investasi sebesar Rp2,243 triliun dan merupakan hasil karya anak bangsa yang melibatkan 2000 lebih pekerja yang dibangun tanpa adanya pembebasan lahan.

Jalan Tol Layang A.P. Pettarani Makassar, nantinya akan menghubungkan bagian Selatan Kota Makassar dengan Pelabuhan Soekarno-Hatta, Makassar New Port, Bandara Sultan Hasanudin, dan pesisir selatan Sulawesi Selatan. 

Baca Juga: Tol Layang AP Pettarani Beroperasi September 2020, Menjadikan Tol Layang pertama di Sulawesi Selatan



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x