Kompas TV nasional update corona

Dino Patti Djalal Positif Covid-19, Kini Dirawat di Ruang ICU RSPAD

Kompas.tv - 17 September 2020, 09:15 WIB
dino-patti-djalal-positif-covid-19-kini-dirawat-di-ruang-icu-rspad
Mantan duta besar Indonesia untuk AS, Dino Patti Djalal. Dinno Patti Djalal Positif Covid-19, Kini Dirawat di Ruang ICU RSPAD. (Sumber: Ambaranie Nadia K.M)
Penulis : Fadhilah

KOMPAS.TV - Ketua Umum (Ketum) Asosiasi Dosen Indonesia (ADI) Dino Patti Djalal terkonfirmasi mengidap virus corona (Covid-19).

Dino yang juga pendiri Foreign Policy Community of Indonesia (FPCI) itu kini tengah menjalani perawatan intensif di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto, Jakarta.

Setidaknya sudah enam hari terakhir dirinya mengalami gangguan sistem pernapasan.

Baca Juga: Dino Patti Djalal Sebut Rich Brian Bukan Panutan

"Kami dari keluarga besar Foreign Policy Community of Indonesia (FPCI) dan Asosiasi Dosen Indonesia menyampaikan kabar bahwa Chairman kami, Dr. Dino Patti Djalal, positif COVID-19. Di mana dalam enam hari terakhir beliau mengalami gangguan sistem pernapasan," kata keterangan tertulis Sekretariat FPCI yang diperoleh media, Rabu (16/9/2020), dikutip dari Kompas.com.

Kondisi yang makin memburuk, menyebabkan Dino Patti Djalal dibawa ke RSPAD Gatot Subroto pada Selasa, 15 September 2020.

Pada hari ini, mantan duta besar Indonesia untuk AS itu telah dipindahkan ke ruang Intensive Care Unit (ICU) untuk mendapatkan perawatan khusus.

"Dino mengharapkan doa dari semua sahabat agar cobaan ini dapat segera dilampaui. Dino juga mengirim salam and all his love kepada semua sahabat," ujar Sekretariat FPCI.

Diketahui, Dino Patti Djalal terpilih menjadi Ketua Umum ADI di akhir September 2017. Pemilihan dilakukan secara mufakat oleh seluruh pimpinan wilayah ADI yang hadir.

Selama periode 2017-2022, Dino akan mengemban amanat sebagai Ketua Umum ADI.

Baca Juga: Sekda DKI Jakarta Meninggal Dunia Terpapar Corona, Anies Berikan Penghormatan Terakhir

Kasus Covid-19 di Indonesia

Sementara itu, pemerintah menyatakan bahwa kasus Covid-19 di Indonesia naik 10,4 persen dalam sepekan terakhir, dan penularan virus corona masih terjadi hingga saat ini.

Hal ini terlihat dari masih bertambahnya pasien baru yang menyebabkan jumlah kasus Covid-19 kembali meningkat hingga hari ini, Rabu (16/9/2020).

Data pemerintah memperlihatkan bahwa ada 3.963 kasus baru Covid-19 dalam 24 jam terakhir. Ini merupakan rekor penambahan tertinggi sejak pandemi Covid-19 melanda Indonesia.

Penambahan itu menyebabkan jumlah kasus Covid-19 di Indonesia hingga Rabu pukul 12.00 WIB ini mencapai 228.993 orang, terhitung sejak munculnya pasien pertama pada 2 Maret 2020.

Informasi ini diungkap pemerintah dalam data yang disampaikan melalui situs Kementerian Kesehatan pada Rabu sore. Data juga bisa diakses masyarakat melalui situs Covid19.go.id, dengan data yang diperbarui tiap sore.

Baca Juga: Update Corona 16 September: 228.993 Positif, 164.101 Sembuh, 9.100 Meninggal

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x