Kompas TV nasional politik

Program Pemindahan Ibu Kota Negara Ditunda

Kompas.tv - 9 September 2020, 04:25 WIB
program-pemindahan-ibu-kota-negara-ditunda
Desain pusat ibu kota baru sebagaimana dirancang Kementerian PUPR. (Sumber: dok. BBC Indonesia/Kompas.com)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Suharso Monoarfa memastikan pemindahan ibu kota negara dari DKI Jakarta ke Kalimantan Timur ditunda.

"Mengenai ibu kota negara, terutama untuk komunikasi rumusan pada tim koordinasi persiapan rencana pemindahan ibu kota negara, meskipun sampai hari ini ibu kota negara itu programnya masih di-hold," kata Suharso dalam rapat kerja bersama Komisi XI DPR, Selasa (8/9/2020), dikutip dari Kompas.com.

Namun pemerintah tetap melanjutkan rencana yang telah disiapkan sebelumnya. Tim komunikasi dan koordinasi strategis pemindahan ibu kota tetap mendapatkan alokasi anggaran pada tahun 2021.

Kemudian, pembangunan infrastruktur dasar di kota penyangga, seperti Samarinda dan Balikpapan bakal dilakukan.

Baca Juga: Sri Mulyani Ungkap Tak Ada Anggaran untuk Pembangunan Ibu Kota Baru di APBN 2021

"Kita tetap dalam rangka persiapan dan kita melanjutkan masterplan, detailed-plan, dan juga pembangunan infrastruktur dasar di kota-kota penyangga seperti Samarinda dan Balikpapan," tuturnya.

Untuk tahun anggaran 2021, Bappenas mengusulkan pagu anggaran sebesar Rp1,7 triliun. Sebanyak 55,4 persen atau sekitar Rp850 miliar diperuntukkan program perencanaan pembangunan nasional.

Namun, Suharso tak memerinci lebih lanjut mengenai kegiatan perencanaan pembangunan nasional di tahun 2021.

Ibu Kota Baru, Mimpi Jokowi
Pemindahan ibu kota negara dari Jakarta ke Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, adalah mimpi Presiden Jokowi.

Pada peringatan Hari Pers Nasional, 8 Februari 2020, di Banjarbaru, Kalimantan Selatan, Presiden memamerkan desain ibu kota baru yang diberi nama Nagara Rimba Nusa.

Desain ibu kota baru berasal dari pemenang sayembara desain ibu kota baru yang diselenggarakan Kementerian Pekerjaan Umum.

Baca Juga: Pro Kontra Ahok Jadi Kandidat Gubernur Ibu Kota Negara Baru. Persiapan untuk Pilpres 2024?

Bagi Presiden Jokowi, pemindahan ibu kota ke Kalimantan Timur bukan hanya perpindahan gedung dan orang, melainkan juga perpindahan pola kerja dan pola pikir.

”Kita juga ingin menjadikan momen pemindahan ibu kota untuk transformasi ekonomi baru berbasis riset dan inovasi,” kata Presiden saat itu.

Mimpi Presiden Jokowi memindahkan ibu kota dari Jakarta ke Kalimantan juga banyak tantangannya. Ada tantangan pembiayaan, ada tantangan hukum dan politik, serta ada tantangan pelaksanaan.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x