HARIAN KOMPAS KOMPAS.COM KOMPASIANA.COM TRIBUNNEWS.COM KONTAN.CO.ID BOLASPORT.COM GRID.ID GRIDOTO.COM GRAMEDIA.COM KGMEDIA.ID
Kompas TV kolom politik

Pro Kontra Ahok Jadi Kandidat Gubernur Ibu Kota Negara Baru. Persiapan untuk Pilpres 2024?

Senin, 16 Maret 2020 | 17:48 WIB
pro-kontra-ahok-jadi-kandidat-gubernur-ibu-kota-negara-baru-persiapan-untuk-pilpres-2024
Komisaris Utama PT Pertamina (Persero) Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok. (Sumber: KOMPAS.com/ GLORI K WADRIANTO)

Belum genap 3 bulan menjabat Komisaris Utama (Komut) PT Pertamina (Persero), nama Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok sudah disebut-sebut lagi.

Kali ini mantan Gubernur DKI Jakarta itu digadang-gadang sebagai calon Kepala Badan Otorita Ibu Kota Negara (IKN) baru di Kalimantan Timur.

Presiden Joko Widodo atau Jokowi langsung yang menominasikan Ahok sebagai salah satu kandidat “Gubernur” IKN yang baru itu.

Selain Ahok, ada pula tiga nama kandidat lainnya yang akan diberi amanah dan tanggung jawab oleh Presiden Jokowi untuk memimpin proses pemindahaan serta pembangunan IKN baru di Penajam Paser Utara, Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur.

"Kandidat memang banyak. Satu pak Bambang Brodjonegoro, dua pak Ahok, tiga pak Tumiyana, empat Pak Azwar Anas," Presiden Jokowi menegaskan. 

DARI "212" HINGGA "DAD" KALTIM

Pengumuman Presiden Jokowi menyebutkan nama Ahok itu menuai pro dan kontra.
Sikap kontra disampaikan Ketua Korlabi, Damai Hari Lubis yang mengatasnamakan Mujahid 212.
Sebelumnya, ia pun berunjuk rasa pada 21 Februari 2020, juga mengusung angka 212. 
Inilah angka yang dikenal sebagai angka perlawanan terhadap kasus penodaan agama yang ditujukan kepada Gubernur DKI Jakarta Ahok pada 2016 lalu. 
Kepada wartawan, Kamis (5/3/2020) pekan lalu, ia menjelaskan alasannya, 
"Kami butuh sampaikan statement bahwa apabila DPR RI sebagai wakil rakyat menyetujui kepindahan ibu kota negara ini, dan sebagai calon kepala daerahnya adalah Ahok, maka kami katakan dan nyatakan secara tegas, kami menolak keras Ahok lantaran fakta-fakta pribadi Ahok merupakan seorang jati diri yang memiliki banyak masalah!"

Editor : Deni Muliya

1
2
3
4
5



BERITA LAINNYA

Close Ads x
NEWSTICKER
00:06
KPU PREDIKSI BIAYA PILKADA 2020 MENINGKAT JIKA DIGELAR DI MASA PANDEMI COVID-19   HINDARI KERUMUNAN MASSA, KPAI SARANKAN PELAKSANAAN PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU DILAKUKAN SECARA DARING   KETUA KOMISI X DPR SYAIFUL HUDA TOLAK WACANA PEMBUKAAN SEKOLAH DI ZONA MERAH PENYEBARAN VIRUS KORONA   WALI KOTA BEKASI IZINKAN WARGA YANG TINGGAL DI ZONA HIJAU COVID-19 SHALAT JUMAT DI MASJID MULAI PEKAN DEPAN   PEMKOT JAKARTA BARAT FUNGSIKAN MASJID KH HASYIM ASYARI UNTUK ISOLASI PEMUDIK YANG BALIK KE JAKARTA   YLKI TOLAK RENCANA PEMBUKAAN MAL DI DKI JAKARTA PADA 5 JUNI 2020   PSBB DIPERPANJANG, PEMKOT BOGOR PERKETAT PROTOKOL KESEHATAN DAN ARUS KELUAR MASUK   POLDA SUMATERA BARAT SIAPKAN 6.000 PERSONEL UNTUK DUKUNG KEBIJAKAN KENORMALAN BARU   MENTERI PUPR MINTA BADAN PENGEMBANGAN SDM SIAPKAN MODUL “E-LEARNING” DI ERA KENORMALAN BARU   TIDAK PERPANJANG PSBB, PEMKOT MALANG SIAPKAN SKEMA KENORMALAN BARU   PEMKOT SOLO PERPANJANG STATUS KEJADIAN LUAR BIASA VIRUS KORONA HINGGA 7 JUNI 2020   GUBERNUR JATENG AKAN BERI MODAL DAN PELATIHAN KERJA UNTUK WARGA YANG TAK KEMBALI KE JAKARTA   GUBERNUR JATENG GANJAR PRANOWO LARANG WARGA YANG TERLANJUR MUDIK UNTUK KEMBALI KE JAKARTA   GUGUS TUGAS COVID-19: WARGA YANG AKAN KEMBALI KE JAKARTA HARUS UNDUH APLIKASI BERSATU LAWAN COVID (BLC)