Kompas TV bisnis kebijakan

Premium dan Pertalite Mau Dihapus, Dirut Pertamina: Kita ada Program Langit Biru

Kompas.tv - 1 September 2020, 10:53 WIB
premium-dan-pertalite-mau-dihapus-dirut-pertamina-kita-ada-program-langit-biru
Direktur Utama PT Pertamina Nicke Widyawati di Jakarta, Senin (3/9/2018). (Sumber: (-KOMPAS.com/AKHDI MARTIN PRATAMA))
Penulis : Johannes Mangihot

JAKARTA, KOMPASTV – Pertamina berencana menghapus BBM jenis Premium dan Pertalite. Rencana penghapusan dua BBM yang memiliki Research Octane Number (RON) di bawah 92 itu dibahas dalam agenda Rapat Dengar Pendapat (RDP) antara PT Pertamina dan Komisi VII DPR RI pada Senin (31/8/2020).

Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati menjelaskan saat ini pihaknya masih mencoba mengelola agar masyarakat bisa beralih ke BBM dengan oktan 92 atau Pertamax. Sebab Premium dan Pertalite masih menjadi konsumsi paling besar di masyarakat. 

Di sisi lain, Pertamina juga dituntut untuk melakukan penyederhanaan produk BBM mengikuti ketentuan dalam Peraturan Menteri Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor 20 Tahun 2019 yang mensyaratkan standar minimal RON 91.

Baca Juga: Premium-Pertalite Akan Dihapus, Wabup Pamekasan: Bukan Waktu yang Tepat

"Oleh karena itu, kami dorong agar konsumen yang mampu beralih ke RON 92, Kami sekarang memiliki Program Langit Biru," ujar Nicke.

Nicke menambahkan selain Indonesia hanya 7 negara yang masih menjual produk gasoline di bawah RON 90 yakni Bangladesh, Colombia, Mesir, Mongolia, Ukraina, Uzbekistan dan China.

Padahal, Indonesia masuk dalam kelompok negara yang memiliki GDP 2.000 hingga 9.000 dolar Amerika Serikat per tahun. 

Berdasarkan klasifikasi tersebut, Indonesia menjadi satu-satunya negara yang memasarkan jumlah jenis produk BBM paling banyak yakni 6 jenis produk.

Baca Juga: Pertamina Bakal Sederhanakan BBM, Kapan Premium dan Pertalite Dihapuskan?



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x