Kompas TV nasional politik

Menpan RB Tjahjo Kumolo Ingatkan PNS Bisa Dipecat Gara-Gara Pilkada 2020

Senin, 31 Agustus 2020 | 20:07 WIB
menpan-rb-tjahjo-kumolo-ingatkan-pns-bisa-dipecat-gara-gara-pilkada-2020
Menpan RB Tjahjo Kumolo. Menpan RB Tjahjo Kumolo Ingatkan ASN Bisa Dipecat Jika Jadi Jurkam Pilkada 2020. (Sumber: KOMPAS.COM/KRISTIANTO PURNOMO)

PANDEGLANG, KOMPAS.TV - Perhelatan Pilkada Serentak 2020 semakin dekat. Aparatur Sipil Negara (ASN) pun diminta netral pada gelaran pesta demokrasi tersebut.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Tjahjo Kumolo mengingatkan, ASN maupun PNS (Pegawai Negeri Sipil) bisa dipecat jika tidak netral, bahkan hingga jadi juru kampanye.

"Mulai dari peringatan sampai penurunan pangkat, ASN harus netral. Harus melayani masyarakat, bukan ngurus Pilkada," kata Tjahjo usai peresmian Mal Pelayanan Publik di Pandeglang, Banten, Senin (31/8/2020).

Baca Juga: PDI Perjuangan Umumkan 62 Calon Kepala Daerah Pilkada 2020 Gelombang Keempat!

Dia mengatakan, aturan terkait netralitas ASN ini sudah tertuang dalam aturan bersama antara Bawaslu, Mendagri, juga Badan Kepegawaian Negara (BKN).

Dalam aturan tersebut, sanksi paling berat bagi ASN yang tidak netral, kata Tjahjo, adalah pemecatan.

Tjahjo meminta masyarakat dan juga media untuk mengawasi kinerja ASN menjelang Pilkada Serentak seperti sekarang. Jika ada ASN yang melanggar, bisa langsung dilaporkan ke Bawaslu setempat.

Penulis : Fadhilah


KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!


BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
11:07
DUA PRAJURIT TNI GUGUR USAI KONTAK SENJATA DENGAN KKB PAPUA YANG TERJADI DI KABUPATEN INTAN JAYA PADA 22 JANUARI 2021   POLRI IMBAU MASYARAKAT HATI-HATI SOAL PENIPUAN BERKEDOK INVESTASI   DITLANTAS POLDA METRO JAYA AKAN KOORDINASI DENGAN TRANSJAKARTA DAN JASA MARGA DALAM PEMASANGAN KAMERA ETLE   DITLANTAS POLDA METRO JAYA AKAN AJUKAN PENAMBAHAN 50 KAMERA ETLE DI SEJUMLAH TITIK DI JAKARTA KE PEMPROV DKI   BPPTKG MEMPREDIKSI ERUPSI GUNUNG MERAPI EFUSIF MAKSIMAL 5 KM   BPPTKG: TERJADI 282 KALI GUGURAN LAVA PIJAR DAN 19 KALI AWAN PANAS GUGURAN DI GUNUNG MERAPI DALAM SEPEKAN TERAKHIR   TIM SAR TELAH EVAKUASI 51 WARGA YANG TERDAMPAK BANJIR DAN LONGSOR DI MANADO, SULAWESI UTARA   TIGA ORANG MENINGGAL DUNIA AKIBAT BANJIR DAN LONGSOR DI MANADO, SULAWESI UTARA, PADA 22 JANUARI 2021   SHANGHAI MEMBERLAKUKAN “LOCKDOWN” DI DUA RUMAH SAKIT SEUSAI MUNCUL KLASTER BARU COVID-19   TOTAL WNI POSITIF COVID-19 DI LUAR NEGERI ADALAH 2.937: 2.075 SEMBUH, 171 MENINGGAL DUNIA, DAN 691 DALAM PERAWATAN   PEMPROV DIY TENGAH BERKOORDINASI MELAKUKAN "TRACING" KASUS POSITIF COVID-19 BUPATI SLEMAN SRI PURNOMO   SEBELUM POSITIF COVID-19, BUPATI SLEMAN SEMPAT BERTEMU MENTERI KP SAKTI WAHYU TRENGGONO & GUBERNUR DIY SRI SULTAN HB X   BUPATI SLEMAN SRI PURNOMO TERKONFIRMASI POSITIF COVID-19 BERDASARKAN HASIL TES USAP PADA 21 JANUARI 2021   KEMENKES: HINGGA SAAT INI SUDAH LEBIH DARI 132.000 TENAGA KESEHATAN YANG DISUNTIK VAKSIN COVID-19