Kompas TV regional peristiwa

Inilah Sosok Aditya Perpatih, Bocah Gorontalo yang Fotonya Muncul di Uang Baru Rp75.000

Kompas.tv - 19 Agustus 2020, 13:55 WIB
inilah-sosok-aditya-perpatih-bocah-gorontalo-yang-fotonya-muncul-di-uang-baru-rp75-000
Uang baru edisi kemerdekaan ke-75 RI yang dirilis Bank Indonesia (Sumber: Bank Indonesia)
Penulis : Desy Hartini

GORONTALO, KOMPAS.TV – Pasangan Siti Murtafiah Mooduto (35) dan Dwi Kurniawan (45), orangtua Aditya Perpatih (9) begitu bangga hati.

Pasalnya, foto anak kedua mereka menghiasi uang kertas Rp75.000 edisi khusus Peringatan 75 Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia.

Di dalam lembaran uang ini, Aditya Perpatih dengan bangga mengenakan baju adat Gorontalo (makuta) berwarna merah dengan mengenakan penutup kepala yang terlihat tinggi.

Baca Juga: Uang Rp 75 Ribu Edisi Kemerdekaan Dijual 50 Juta di e-Commerce, Ini Kata BI

Baju ini adalah baju yang dipercaya sebagai baju kebesaran Raja Gorontalo dan lazim digunakan pengantin saat resepsi pernikahan. Bagi permaisuri atau ratu, baju adatnya disebut biliu.

Makuta dan biliu merupakan salah satu baju kebesaran adat Nusantara yang paling eksotik. Tidak heran bila Bank Indonesia menjadikan makuta sebagai salah satu hiasan pada uang pecahan Rp75.000 tahun emisi 2020.

“Sebagai orang Gorontalo saja, kami sangat bangga. Apalagi saya adalah ibu dari Aditya Perpatih,” kata Siti Murtafiah Mooduto, yang dikutip dari kompas.com, Selasa (18/8/2020).

Siti Murtafiah Mooduto merasa bangga dan bersyukur keluarganya dapat menghiasi uang yang secara khusus dicetak sebagai ungkapan kebahagiaan rakyat Indonesia.

“Kami diberi tahu tema uang edisi peringatan kemerdekaan ini adalah adalah mensyukuri memerdekaan, memperteguh kebinekaan, dan menyongsong masa depan gemilang,” ujar Siti Murtafiah.

Siti Murtafiah menceritakan peristiwa setahun yang lalu, tepat bulan Agustus 2019, anaknya diminta untuk mengenakan baju adat makuta oleh staf Bank Indonesia dan Perusahaan Umum Percetakan Uang Republik Indonesia. 

Baca Juga: Foto Anaknya di Uang Rp 75.000, Orangtua Ananda Saubaki: Kami Sangat Bangga



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x