Kompas TV bisnis perbankan

Uang Rp 75 Ribu Edisi Kemerdekaan Dijual 50 Juta di e-Commerce, Ini Kata BI

Kompas.tv - 18 Agustus 2020, 18:10 WIB
uang-rp-75-ribu-edisi-kemerdekaan-dijual-50-juta-di-e-commerce-ini-kata-bi
Uang baru edisi kemerdekaan ke-75 RI yang dirilis Bank Indonesia (Sumber: Bank Indonesia)
Penulis : Idham Saputra

JAKARTA, KOMPAS.TV – Uang baru pecahan Rp 75.000 edisi khusus Kemerdekaan ke-75 RI sudah mulai bisa dipesan sejak Senin (17/8/2020).

Namun, antusiasme masyarakat yang luar biasa pada uang peringatan kemerdekaan (UPK) ini begitu tinggi, sehingga sudah banyak yang memesan hingga jadwal penukaran hingga 3 September 2020 penuh.

Baca Juga: Jadwal Penukaran Uang Rp75.000 Edisi Khusus Sudah Penuh Hingga 3 September 2020

Selain itu, sudah banyak bertebaran akun penjual uang pecahan baru tersebut di platform e-commerce maupun marketplace yang menjualnya dengan harga fantastis.

Contohnya seperti akun calestial77 yang menjual uang pecahan Rp 75.000 edisi khusus HUT ke-75 RI tersebut seharga Rp 1,5 juta. 

Dalam keterangannya, akun tersebut menjualnya dengan sistem pre-order dan akan dikirim dalam waktu 10 hari. Ia juga menulis uang tersebut hanya ada 1 unit.

Bahkan di Bukalapak, ada yang menjual uang Rp 75.000 tersebut dengan harga mencapai Rp 50 juta.

Namun, dilansir dari Kontan.co.id, hingga pukul 17.20 WIB unggahan akun tersebut sudah tidak bisa ditemui lagi.

Tidak ditemukan akun-akun yang menjual UPK ini di lapak e-Commerce lain seperti Tokopedia maupun Lazada.

Baca Juga: Viral! Uang Rp 75.000 Disebut Tampilkan Baju Adat Cina, Ini Faktanya

Menanggapi hal tersebut, Deputi Gubernur Bank Indonesia Rosmaya Hadi mengatakan sebenarnya itu merupakan hak masing-masing orang untuk menyimpan, menjual, atau menggunakan uang edisi spesial itu sebagai alat tukar.

"Kalau dapat, dia simpan ya mangga (silakan). Kemudian mau dijual sekian ya mangga. Mau koleksi ya bisa dimiliki," katanya, Selasa (18/8/2020), seperti dikutip dari Kontan.co.id.

Meski demikian, Rosyama menegaskan kalau satu orang hanya bisa mendapatkan satu lembar uang saja.

Mekanismenya juga diperketat, jadi saat penukaran pemesan harus menunjukkan kode pemesanan, membawa KTP asli, bahkan petugas akan mengecek apakah foto orang yang memesan tersebut sesuai dengan di KTP-nya.

Baca Juga: Sebanyak 4 Juta Lembar Uang Edisi Khusus Diedarkan di Sumut

"Kalau misalnya beda, ya tidak bisa. Mau dibilang mewakili? Ya nanti bakal diminta mana surat kuasanya? Jadi ini betul-betul disiapkan dengan baik agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan," pungkasnya.

Bila ingin memesan uang Rp 75.000 edisi khusus Kemerdekaan ke-75 ini, bisa cek aplikasi berbasis website pintar.bi.go.id milik Bank Indonesia. 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.