Kompas TV entertainment selebriti

Ini Kicauan Netizen Soal Penetapan Tersangka Jerinx

Kompas.tv - 12 Agustus 2020, 22:26 WIB
ini-kicauan-netizen-soal-penetapan-tersangka-jerinx
Jerinx SID saat digandeng dengan tangan diikat kabel ties (Sumber: Tribun Bali / I Wayan Erwin Widyaswara)
Penulis : Johannes Mangihot

JAKARTA, KOMPASTV – Penetapan I Gede Ary Astina alias Jerinx sebagai tersangka kasus dugaan pencemaran nama baik Ikatan Dokter Indonesia (IDI) oleh Polda Bali mendapat reaksi para netizen.

Kebanyakan para netizen menyayangkan penetapan tersangka Drummer Superman Is Dead (SID) itu. Kicauan soal Jerinx jadi trending topik di Twitter dengan 2,051 tweets.

Netizen bernama Ani Hasibuan menilai penetapan Jenrinx tidak memenuhi rasa keadilan dan demokrasi.

Baca Juga: Jerinx Jadi Tersangka, Terancam 6 Tahun Penjara

"Saya ga setuju jerinx ditahan, itu kan opini dia. Ga ada yg dirugikan kok. Yg perlu segera ditahan itu Djoko Tjandra n Harun Masiku," ujar Ani dalam akun Twitter @tondimuh9, Rabu (12/8/2020).

Akun Ryan Aryusman @ryanaryusman menilai pasal yang menjerat Jerinx lebih bermasalah dibanding pernyataan kontroversi musisi Bali tersebut.

"Saya tak pernah mendukung cara musisi asal Bali itu menyebar konspirasi seputar Covid-19. Tapi pasal UU ITE yang dipakai mempidanakan opini Jerinx jauh lebih bermasalah," ujar Ryan.

Dandhy Laksono melalui akun twitternya @Dandhy_Laksono menilai kasus Jerinx berlebihan. Kicauan Dandhy pada 6 Agustus 2020 ini ikut masuk dalam tranding topik Jerinx. 

Baca Juga: Jerinx Diborgol Kabel Ties, Pesannya Kepada Awak Media Bikin Haru

Pada 6 Agustus 2020 lalu, Polda Bali memangil Jarinx dalam kasus dugaan pencemaran nama baik IDI.

"Pemolisian Anji atau Jerinx berlebihan, tak perlu, dan semakin mengukuhkan UU ITE sebagai "aturan karet" yang mudah menjerat siapa saja, untuk urusan yang makin tak jelas batasannya. Lagipula jika benar keselamatan publik dipengaruhi 1-2 orang, berarti yang bermasalah NKRI-nya," kicau Dandhy.

Sama seperti Dandhy, kicauan Sutradara Fajar Nugros pada 6 Agustus terkait Jerinx juga ikut terjaring dalam tranding topij Jerinx di Twiiter. 

Menurutnya pemerintah harus ekstra keras untuk mendapat kepercayaan agar masyarakat tidak termakan oleh wawancara Erdian Aji Prihartanto alias Anji tentang obat Covid-19 dan pernyataan kontroversi Jerinx.

Baca Juga: Lagi, Jerinx Dilaporkan Polisi Oleh Tokoh Masyarakat Soal Pencemaran Nama Baik

"Kalo sampe orang-orang ada yang percaya sama Anji atau Jerinx, yaaa Pemerintah mestinya bekerja lebih keras, untuk dipercaya rakyatnya sendiri dong.. Kalo Pemerintah bisa dipercaya, mau siapa aja ngemeng, rakyat nggak akan ada yg percaya. Kepercayaan ya diraih," ujar Fajar dalam akun twitternya @fajarnugros.

Setelah ditetapkan tersangka Polda Bali langsung menahan Jerinx di Rutan Polda Bali, Denpasar, Bali, Rabu (12/8/2020).

Sebelum jadi warga sementara Rutan Polda Bali, Jerinx mengatakan dirinya tidak keberatan ditahan asalkan tidak ada lagi ibu-ibu yang kehilangan bayinya karena prosedur rapid test.

"Pesan saya ke semua media, semoga tidak ada lagi ibu-ibu yang kehilangan calon anaknya karena prosedur rapid test. Saya sekarang disel tidak apa, yang penting tidak ada lagi ibu-ibu yang kehilangan anaknya," kata Jerinx saat diwawancara awak media sebelum masuk ke sel tahanan.
 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x