Kompas TV internasional kompas dunia

Hiroshima-Nagasaki Kini Jadi Kota Maju Setelah Serangan Bom Atom 75 Tahun Lalu

Minggu, 9 Agustus 2020 | 16:34 WIB

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pasukan Amerika Serikat menjatuhkan bom atom di kota Hiroshima dan Nagasaki, Jepang, pada tanggal 6 dan 9 Agustus 1945.

Akibat bom atom dua kota tersebut hancur dan menewaskan puluhan ribu jiwa rakyat Jepang. Kematian dan penyakit akibat radiasi terus meningkat selama beberapa dekade berikutnya.

Dampak yang diperoleh sangat luar biasa bagi Jepang. Kondisi itu membuat Jepang menyerah tanpa syarat dalam Perang Dunia (PD) II dan mengakhiri perang.

Namun Jepang berhasil bangkit dan membangun kembali kedua kota yang luluh lantak tersebut.

Hasilnya sekarang Hiroshima menjadi kota industri terbesar di bagian Jepang. Sekarang Hiroshima berisi perkantoran, pusat publik, dan perguruan tinggi (PT).

Bahkan Hiroshima sekarang memiliki bandara internasional dan koneksi jalan. Hiroshima telah menjadi pusat spiritual gerakan perdamaian untuk pelarangan senjata nuklir.

Nagasaki

Sejak PD II, Nagasaki telah dibangun kembali secara signifikan. Bersama Hiroshima, Nagasaki juga menjadi pusat perdamaian bagi gerakan untuk pelarangan senjata nuklir.

Hiroshima Nagasaki menjadi pusat wisata penting di Jepang. Industrinya masih didasarkan pada galangan kapal besar yang diklompokan di sepanjang bagian barat dan bagian dalam pelabuhan.

Di Nagasaki juga banyak bangunan yang mengandung situs bersejarah. Seperti Sofuku-ji adalah contoh yang baik dari arsitektur dinasti Ming Cina, yang dihuni oleh para biksu Buddha Cina.

Penulis : Laura Elvina



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
11:37
GEMPA BERMAGNITUDO 5,3 YANG GUNCANG KENDARI, SULAWESI TENGGARA, PADA KAMIS DINI HARI TAK BERPOTENSI TSUNAMI   KPK BERENCANA MEMBUKA PENYELIDIKAN KASUS DUGAAN GAGAL BAYAR DI INDUSTRI KEUANGAN    MENKO POLHUKAM MAHFUD MD: PANDEMI COVID-19 DI SEMUA NEGARA DI DUNIA TAK MENGURANGI ANCAMAN RADIKALISME & TERORISME    BIO FARMA KERJA SAMA DENGAN TELKOM MEMBANGUN INFRASTRUKTUR DIGITAL DALAM PENYEDIAAN DAN LAYANAN VAKSIN COVID-19   PRESIDEN VLADIMIR PUTIN PERINTAHKAN VAKSINASI COVID-19 SKALA BESAR DI RUSIA MULAI PEKAN DEPAN    SATGAS PENANGANAN COVID-19 RIAU SEBUT KONDISI GUBERNUR RIAU SYAMSUAR DAN ISTRI BAIK DAN MASIH STABIL   GUBERNUR RIAU SYAMSUAR DAN ISTRI DIRAWAT DI SALAH SATU RUMAH DI KOTA PEKANBARU SETELAH DINYATAKAN POSITIF COVID-19   KOTA BATU KEMBALI ZONA MERAH, WALI KOTA SEBUT KARENA KENAIKAN KASUS COVID-19 DARI KLASTER KELUARGA, BUKAN PARIWISATA   BP2MI MINTA KEMNAKER CABUT IZIN PERUSAHAAN PENEMPATAN PEKERJA MIGRAN YANG LANGGAR PROTOKOL KESEHATAN   KETERISIAN TEMPAT TIDUR RAWAT INAP DI RSUD KEDIRI, JATIM, YANG JADI RUJUKAN PASIEN COVID-19 MELEBIHI KAPASITAS   JELANG PILKADA 2020, PERLUDEM IMBAU PENYELENGGARA PEMILU WASPADAI KAMPANYE GELAP DAN ANTISIPASI POTENSI KERUMUNAN   CEGAH POLITIK UANG JELANG PILKADA 2020, POLRES KEPULAUAN RIAU BENTUK TIM PATROLI DAN BEKERJA SAMA DENGAN BANK   HARI INI, KPU GELAR DEBAT KANDIDAT PILKADA TANGERANG SELATAN PUKUL 20.00 WIB   MENDAGRI TITO KARNAVIAN MINTA PEMERINTAH DAERAH EVALUASI APBD 2020