Kompas TV internasional kompas dunia

Hiroshima-Nagasaki Kini Jadi Kota Maju Setelah Serangan Bom Atom 75 Tahun Lalu

Kompas.tv - 9 Agustus 2020, 16:34 WIB
Penulis : Laura Elvina

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pasukan Amerika Serikat menjatuhkan bom atom di kota Hiroshima dan Nagasaki, Jepang, pada tanggal 6 dan 9 Agustus 1945.

Akibat bom atom dua kota tersebut hancur dan menewaskan puluhan ribu jiwa rakyat Jepang. Kematian dan penyakit akibat radiasi terus meningkat selama beberapa dekade berikutnya.

Dampak yang diperoleh sangat luar biasa bagi Jepang. Kondisi itu membuat Jepang menyerah tanpa syarat dalam Perang Dunia (PD) II dan mengakhiri perang.

Namun Jepang berhasil bangkit dan membangun kembali kedua kota yang luluh lantak tersebut.

Hasilnya sekarang Hiroshima menjadi kota industri terbesar di bagian Jepang. Sekarang Hiroshima berisi perkantoran, pusat publik, dan perguruan tinggi (PT).

Bahkan Hiroshima sekarang memiliki bandara internasional dan koneksi jalan. Hiroshima telah menjadi pusat spiritual gerakan perdamaian untuk pelarangan senjata nuklir.

Nagasaki

Sejak PD II, Nagasaki telah dibangun kembali secara signifikan. Bersama Hiroshima, Nagasaki juga menjadi pusat perdamaian bagi gerakan untuk pelarangan senjata nuklir.

Hiroshima Nagasaki menjadi pusat wisata penting di Jepang. Industrinya masih didasarkan pada galangan kapal besar yang diklompokan di sepanjang bagian barat dan bagian dalam pelabuhan.

Di Nagasaki juga banyak bangunan yang mengandung situs bersejarah. Seperti Sofuku-ji adalah contoh yang baik dari arsitektur dinasti Ming Cina, yang dihuni oleh para biksu Buddha Cina.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x