> >

Baru! Jepang Kembali Punya Toilet Unik, Toilet Mengambang

Jelajah dunia | 11 April 2021, 23:30 WIB
Toilet unik yang mengambang ada di Tokyo, Jepang (Sumber: dezeen.com/dok. Kenta Hasegawa)

TOKYO, KOMPAS.TV - Terkenal sebagai negara dengan beragam penemuan yang unik dan menarik, Jepang kembali hadir denga karya nyentriknya yang berupa toilet.

Setelah sebelumnya memiliki toilet transparan dengan lampu warna-warni, masyarakat Negeri Sakura kini punya toilet yang "mengambang".

Melansir Travel and Leisure, Jumat (9/4/2021), toilet yang terbuat dari beton berbentuk persegi panjang raksasa tersebut terletak di dekat Stasiun Sendagaya di Tokyo dan dirancang oleh studio desain Jepang bernama Suppose Design Office.

Baca Juga: PM Yoshihide Suga akan Percepat Pemilihan Umum Jepang Sebelum Akhir September

Meski terlihat cukup membosankan dari luar, bagian dalam toilet dibuat begitu sempurna sehingga memberi pengunjung kenyamanan bak hotel dengan biliknya yang terbuat dari kayu Akoya.

Melalui sebuah pernyataan, studio desain tersebut mengatakan, bahwa toilet ini tertutup sepenuhnya pada ketinggian yang sejajar dengan mata.

Namun secara simbolis, bangunan tersebut membiarkan cahaya masuk dari atas, serta memastikan adanya ventilasi melalui celah pada kaki bangunan.

Baca Juga: Bahaya Mutasi Virus Corona E484K 'Eek', Sudah Masuk Indonesia Lewat Jepang

“Kami bertujuan untuk menciptakan arsitektur yang memungkinkan orang untuk merasakan ruang yang lebih dari sekadar toilet umum,” jelas Suppose Design Office.

Sebab, celah yang berada pada bagian bawah bangunan memiliki tinggi sekitar 1,6 kaki atau 500 milimeter, yang mana tetap menjaga privasi pengguna toilet.

Penulis : Aryo Sumbogo Editor : Hariyanto-Kurniawan

Sumber : Kompas TV


TERBARU