> >

Ternyata Ini Alasan Youtube Rewind Dihentikan Permanen Setelah 10 Tahun Berjalan

Internet | 13 Oktober 2021, 11:56 WIB
Pihak Youtube sebut Youtube Rewind akan dihentikan permanen. (Sumber: Youtube)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Di akhir tahun, Youtube seringkali membagikan kompilasi video yang dianggap paling ikonik sepanjang tahun dan menampilkan youtuber terkenal dari seluruh dunia yang disebut "Youtube Rewind".

Namun, agaknya pihak Youtube baru saja mengumumkan jika "Youtube Rewind" akan dihentikan secara permanen.

Artinya, para pemirsa tidak lagi bisa menonton "Youtube Rewind" setelah 10 tahun lamanya berjalan.

"Satu video tidak dapat mencerminkan secara menyeluruh komunitas penggunanya," ujar pihak Youtube mengungkapkan alasan berhentinya "Youtube Rewind" dikutip dari Variety, Rabu (13/10/2021).

Baca Juga: Mau Jadi Youtuber? Ketahui Dulu Tingkatan YouTube Play Button

Sejak pertama kali diadakan pada tahun 2011, "Youtube Rewind" dimaksudkan untuk merayakan pencapaian anggota komunitas Youtube.

"Kami ingin meluangkan waktu sejenak untuk merayakan beberapa hal menakjubkan yang dibuat oleh komunitas Youtube," tambahnya.

Namun perusahaan yang didirikan Google itu mulai menyadari dengan perkembangan komunitas Youtube yang sangat pesat, satu video tidak bisa lagi menampung seluruh konten.

"Selama bertahun-tahun, kami telah melihat bahwa satu Rewind yang dibuat oleh YouTube tidak mungkin mencerminkan seluruh komunitas pembuat konten kami."

Namun, sebagai gantinya, kata Youtube, mereka tengah berencana membuat suatu "pengalaman" baru untuk menghibur jutaan member komunitasnya.

Penulis : Dian Nita Editor : Purwanto

Sumber : Kompas TV/Variety


TERBARU