> >

TikTok Resume, Fitur Melamar Pekerjaan Pakai Video

Aplikasi | 11 Juli 2021, 23:25 WIB
TikTok Resume, Fitur Melamar Pekerjaan Pakai Video (Sumber: Dok. TikTok)

JAKARTA, KOMPAS.TV - TikTok tengah menguji fitur baru yang dinamai "TikTok Resume", yang memungkinkan pengguna dapat melamar pekerjaan dengan menyertakan resume dalam bentuk video ke berbagai perusahaan.

Dilansir dari dari The Verge, Minggu (11/7/2021), hingga saat ini, program perekrutan kerja melalui fitur "TikTok Resume" telah bekerja sama dengan 30 perusahaan asal Amerika Serikat seperti Chipotle, Target, Shopify, NASCAR, Contra, dan WWE.

Untuk membuat lamaran pekerjaan di TikTok, pengguna harus membuat resume berupa video. Setelah itu pengguna mengunggahnya ke TikTok lalu mengirim video tersebut ke perekrut melalui aplikasi.

Video tersebut tidak hanya akan dilihat oleh perekrut kerja, tapi akan dibagikan di media sosial Tiktok secara umum. Sehingga, pengguna tidak disarankan untuk memasukkan nama keluarga, alamat email, atau informasi pribadi lainnya pada video tersebut.

Baca Juga: TikTok Hapus Pengguna di Bawah Umur, Jumlahnya Lebih dari 7 Juta Akun

Perkembangan peluang kerja di bidang konten kreatif membuat TikTok yakin bahwa platformnya akan berkontribusi bagi upaya perusahaan menemukan pegawai berbakat, begitupun sebaliknya.

"Kami senang meluncurkan 'TikTok Resume' sebagai program percontohan yang dirancang untuk terus memperluas dan meningkatkan layanan TikTok sebagai saluran baru untuk menemukan dan rekrutmen pekerjaan," tulis TikTok di laman TikTok Newsroom.

Saat ini, pengguna sudah bisa melamar pekerjaan yang tersedia melalui fitur "TikTok Resume" sejak 7 Juli hingga 31 Juli 2021.

Sebagai program percontohan, fitur "TikTok Resume" baru bisa digunakan oleh pengguna di AS. Akan tetapi, tak menutup kemungkinan layanan ini akan tersedia di negara lain pada periode mendatang.

Baca Juga: TikTok Hapus Pengguna di Bawah Umur, Jumlahnya Lebih dari 7 Juta Akun

Penulis : Dian Septina Editor : Hariyanto-Kurniawan

Sumber : Kompas TV


TERBARU