> >

Kisah Perempuan Ahli Surga yang Minta Disembuhkan Nabi

Beranda islami | 14 September 2022, 07:24 WIB
Foto ilustrasi berdoa. (Sumber: Freepik)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Dalam kitab Riyadhus Shalihin karya Imam Nawawi disebutkan tentang sebuah kisah perempuan ahli surga di zaman Nabi Muhammad. Perempuan itu sebelumnya menderita penyakit ayan atau epilepsi. 

Sakit ayan sendiri merupakan penyakit yang sering kambuh. Lantas, perempuan itu mendatangi Nabi Muhammad SAW agar disembuhkan. Nabi pun memberi dua pilihan atas perempuan tersebut. 

Dua pilihan yang menentukan, apakah dirinya menjadi kelak menjadi ahli surga atau tidak. 

Kisah perempuan ahli surga ini sendiri dinukil dari hadis Bukhari-Muslim, berikut kisahnya dalam hadis:

Dari 'Atha' bin Abu Rabah, dia berkata, Ibnu Abbas berkata kepadaku, "Apakah kamu mau saya tunjukkan seorang perempuan ahli surga?"

Saya berkata, "Tentu."

Ibnu Abbas berkata, "Yaitu perempuan hitam ini."

Perempuan hitam ini pernah datang kepada Nabi Muhammad SAW. "Sesungguhnya saya mempunyai penyakit ayan dan auratku tersingkap (ketika kambuh). "Maka berdoalah kepada Allah untuk (kesembuhan) saya," katanya. 

Beliau bersabda, "Seandainya engkau mau bersabar maka bagimu adalah surga. Namun jika engkau menghendaki maka saya akan berdoa kepada Allah Ta'ala agar menyembuhkan penyakitmu."

Dia berkata, "Saya akan bersabar." Dan dia juga berkata, "Sesungguhnya, auratku tersingkap (ketika) kambuh. Maka berdoalah kepada Allah agar saya tidak sampai membuka auratku."

Penulis : Dedik Priyanto Editor : Desy-Afrianti

Sumber : Kompas TV


TERBARU