> >

Kenapa Amalan Surat Yasin Dibaca Malam Jumat?

Beranda islami | 30 Desember 2021, 11:42 WIB
Ilustrasi Alquran. Kenapa setiap malam jumat dianjurkan baca amalan surat yasin? (Sumber: freepik)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Surat Yasin atau Surah Yasin sering dibaca oleh ketika malam Jumat tiba. Ada banyak sekali keberkahan di dalamnya. Lantas, kenapa dibaca dianjurkan di malam jumat?

Dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Abu Daud dijelaskan sebuah salah satu keutamaan amalan surat yasin dibaca saat malam jumat tiba.

Salah satu khasiat amalan yasin, berdasarkan sabda Nabi tersebut, ketika dibaca pada malam jumat adalah, doa-doa kita akan lebih gampang dikabulkan oleh-Nya.

Rasulllah Bersabda: Barangsiapa membaca surat Yasin dan al-Shaffat di malam Jumat, Allah mengabulkan permintaannya.(HR Abu Daud dari al-Habr).

Selain itu, amalan surat yasin akan membuat hati kita tenang. Lebih dari itu, amalan surat yasin bisa juga sebagai hadiah untuk keluarga yang sudah wafat.

Hadiah ini bermakna doa. Doa yang kita panjatkan kepada Allah kepada mereka yang sudah berpulang ke hadira-Nya, agar senantiasa diberikan tempat terbaik di sisi-Nya. 

Baca Juga: Hindari Perbuatan Kecil Seperti Ini, Bisa Menghapus Pahala Salat Jumat

Lantas, apakah amalan surat yasin dibaca saat malam jumat?

Menurut para ulama, membaca surat yasin bisa dilakukan pada tiap malam apa saja, bahkan di waktu apa saja. Kecuali di waktu-waktu yang tidak diperbolehkan, seperti saat hadas besar.

Anda bisa membaca surat Yasin setelah salat Maghrib atau di sela-sela nunggu jam macet tiba.

Bahka, bisa juga membacanya via gawai yang berisikan Al-Qur’an, tinggal klik surat Yasin yang berada dalam surat ke-36 dalam Alquran.

Penulis : Dedik Priyanto Editor : Purwanto

Sumber : Kompas TV


TERBARU