> >

Adila Bocah 4 Tahun di Cirebon Meninggal Setelah Melawan Koma Akibat Digigit Ular Weling

Berita daerah | 13 Februari 2020, 18:38 WIB
Kondisi Adila (4) yang dirawat intensif akibat gigitan ular berbisa di RSUD Gunung Jati, Kota Cirebon, Jawa Barat, Selasa (11/2/2020). (Sumber: HUMAS RSUD GUNUNG JATI/KOMPAS.ID)

CIREBON, KOMPASTV - Rusmiati (24) dan Mukmim (27) berusaha tabah dan tegar dengan kepergian anaknya Adila Oktavia, bayi berusia empat tahun.

Adila koma selama lima hari setelah digigit ular jenis weling di Desa Pamengkang Kecamatan Mundu Kabupaten Cirebon Jawa Barat. Perisiwa itu terjadi pada Jumat (7/2/2020) malam.

Tak dinyana di hari itu merupakan malam terakhir Rusmiati dan Mukmim melihat keceriaan Adila. sekitar 23.30 WIB, Adila dipatok ular weling saat tidur. Tangisan Adila memecah keheningan malam di rumah tembok dengan tembok semen dan batu bata dilapisi spanduk bekas.

Baca Juga: TERKINI! Seorang Balita di Cirebon Meninggal Karena Digigit Ular Weling

Keluarga Mukmim dan istri Rusmiati tidur tanpa dipan dengan lantai masih berupa semen dan tanah. Saat mendengar tangisan Adila, kedua orang tua terbangun dan memeriksa keadaan sang anak, ternyata ada seekor ular weling berwarna hitam menempel di betis Adila.

Rusmiati dan Mukmim menyingkirkan ular tersebut. Adila merintih kesakitan karena ada bekas gigitan dan darah yang keluar dari tumit. Sang ibu pun melakukan pertolongan pertama dengan menyedot luka gigitan ular weling.

"Saya enggak tahu penanganannya, cuma diikat kakinya dan disedot lukanya,” kata Rusmiati dikutip dari Kompas.id.

Sabtu, dini hari, Rusmiati dan Mukmim membawa Adila ke Rumah Sakit Putera Bahagia. Jaraknya sekitar 3,5 kilometer dari rumah di Desa Pamengkang, Kecamatan Mundu, Kabupaten Cirebon. Mereka menggunakan sepeda motor. 

Baca Juga: Ini Dia Kronologi Balita yang Meninggal karena Digigit Ular Weling

Setelah sampai pihak rumah sakit langsung merujuk pasien ke RSUD Gunung Jati. Tiba di RS kondisi Adila melemah, baita itu tak sanggup melawan gigitan ular. Di tempat parkir RSUD, Adila muntah, sesak nafas hingga tak sadarkan diri. 

Penulis : Johannes-Mangihot

Sumber : Kompas TV


TERBARU