> >

Alasan Pelaku Pencuri Kotak Amal Bakar Musala di Tebet: buat Usir Nyamuk

Jabodetabek | 24 Agustus 2023, 01:05 WIB
Penampakan musala Al-Jamiyah, Tebet, Jakarta Selatan, yang dibakar seorang maling pada Rabu (28/8/2023). (Sumber: KOMPAS.com/Dzaky Nurcahyo)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Rhahul Khana (22), pelaku pembakaran musala di Tebet, Jakarta Selatan, mengaku membakar musala untuk mengusir nyamuk.

Hal tersebut diungkapkan Kanit Reskrim Polsek Tebet AKP Agus Tohidin. Ia menjelaskan bahwa pelaku membakar musala Al-Jamiyah karena tidak tahan dengan banyaknya nyamuk yang berada di dalam ruangan.

"Dia mengaku mau beristirahat sejenak setelah mengambil uang di dalam kotak amal. Tapi, pas mau istirahat, dia keganggu karena banyak nyamuk di dalam musala," kata Agus dikutip dari Kompas.com, Rabu (22/8/2023). 

"Makanya dia akhirnya bakar-bakar buat ngusir nyamuk. Sementara ini alasan di balik pembakaran musala yang kami dapat," imbuhnya.

Namun, alasan tersebut tidak diterima begitu saja sebagai motif utama di balik tindakan pembakaran Rhahul.

Agus menyatakan bahwa timnya masih menyelidiki motif di balik pembakaran musala yang dilakukan oleh tersangka.

Terlebih lagi, ada dugaan bahwa Rhahul masih terpengaruh oleh minuman keras (miras).

Baca Juga: Mushala Ambruk Akibat Ledakan Petasan Seberat 17 Kilogram di Sumenep

"Untuk motifnya masih kami dalami dulu. Karena yang bersangkutan waktu melakukan perbuatan tersebut dalam pengaruh miras. Kami juga tadi mengambil keterangan agak siangan karena dia masih terpengaruh hal itu," terangnya.

Sebagaimana telah diwartakan sebelumnya, pada dini hari Rabu (23/8/2023), Musala Al-Jamiyah yang terletak di Jalan Hanjuang, Kelurahan Manggarai Selatan, Tebet, Jakarta Selatan, menjadi sasaran pembakaran oleh Rhahul.

Penulis : Rizky L Pratama Editor : Vyara-Lestari

Sumber : Kompas.com


TERBARU