> >

BMKG: Waspadai Gelombang Tinggi di Selat Bali dan Selat Lombok pada 14-16 Mei 2023

Bali nusa tenggara | 14 Mei 2023, 20:40 WIB
Ilustrasi. BMKG Wilayah III Denpasar, Bali, mengimbau masyarakat mewaspadai gelombang tinggi di Selat Bali dan Selat Lombok pada 14-16 Mei 2023. (Sumber: KOMPAS.com/ROSYID ASZHAR)

DENPASAR, KOMPAS.TV - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Wilayah III Denpasar, Bali, mengimbau masyarakat mewaspadai gelombang tinggi di Selat Bali dan Selat Lombok pada 14-16 Mei 2023.

BMKG mencatat gelombang di Selat Bali dan Selat Lombok tergolong tinggi yakni mencapai 3,5 meter sehingga perlu diwaspadai perahu nelayan dan kapal penyeberangan.

Berdasarkan pengamatan BMKG, tinggi gelombang laut di perairan utara Bali diperkirakan mencapai hingga 2 meter.

Sementara tinggi gelombang di perairan selatan Bali diperkirakan hingga 4 meter dan di Selat Bali dan Selat Lombok hingga 3 meter.

BMKG mengatakan kondisi cuaca tersebut disebabkan oleh suhu muka laut yang hangat yang berkisar 26-31 derajat Celsius sehingga dapat meningkatkan potensi penguapan atau penambahan massa uap air.

"Kami imbau agar memperhatikan informasi BMKG khususnya peringatan dini cuaca dan iklim ekstrem," kata Kepala BMKG Wilayah III Denpasar Cahyo Nugroho di Denpasar, Bali, Minggu (14/5/2023), dikutip dari Antara.

BMKG memperkirakan angin bertiup dari timur-selatan dengan kecepatan hingga 36 kilometer per jam dengan cuaca secara umum cerah berawan.

Baca Juga: BMKG: Sebagian Besar Indonesia Berpotensi Berawan Hari Ini

Selain itu, massa udara basah terkonsentrasi dari lapisan permukaan hingga lapisan 850 milibar atau 1.500 meter.

Adapun Selat Bali adalah jalur penyeberangan dari Bali menuju Jawa dan Selat Lombok adalah penyeberangan Bali menuju Nusa Tenggara Barat (NTB).

Penulis : Kiki Luqman Editor : Edy-A.-Putra

Sumber : Antara


TERBARU