Kompas TV nasional peristiwa

BMKG: Sebagian Besar Indonesia Berpotensi Berawan Hari Ini

Kompas.tv - 9 Mei 2023, 08:35 WIB
bmkg-sebagian-besar-indonesia-berpotensi-berawan-hari-ini
Ilustrasi cuaca cerah berawan. (Sumber: Kompas.com)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan sebagian besar wilayah Indonesia akan mengalami cuaca berawan pada hari ini, Selasa (9/5/2023).

Beberapa daerah yang berpotensi mengalami cuaca berawan meliputi Banda Aceh, Serang, Jakarta, Mataram, Kota Jayapura, Pekanbaru, Makassar, Kendari, dan Palembang.

Sementara itu, daerah yang diperkirakan mengalami cuaca cerah berawan mencakup Bengkulu, Yogyakarta, Jambi, Semarang, dan Surabaya.

Baca Juga: Heboh Awan Berbentuk Gasing Muncul di Langit Natuna, BMKG Beri Penjelasan

Kemudian Tarakan, Pangkal Pinang, Ternate, Kupang, Manado, dan Padang. Hanya Pontianak yang akan mengalami cuaca cerah saat siang hari ini.

Meskipun cuaca berawan mendominasi, hujan dengan intensitas ringan hingga lebat juga diperkirakan akan melanda beberapa daerah.

Hujan ringan diprediksi akan turun di Denpasar, Gorontalo, Palangka Raya, Samarinda, Tanjung Pinang, Ambon, dan Mamuju.

Baca Juga: BMKG Prediksi Suhu Panas Ekstrem di Indonesia Akan Bertahan hingga Oktober

Hujan dengan intensitas sedang dilaporkan akan mengguyur Bandung, Bandar Lampung, Manokwari, dan Medan, sementara hujan lebat yang disertai kilat dan petir diperkirakan akan terjadi di Banjarmasin.

BMKG juga menginformasikan bahwa suhu hari ini berkisar antara 20 hingga 34 derajat Celcius dengan tingkat kelembapan 55 hingga 100 persen.

3 Perairan di Indonesia Bergelombang Tinggi hingga 6 Meter

BMKG juga memberikan peringatan dini mengenai gelombang tinggi. Peringatan ini berlaku hingga 10 Mei 2023 pukul 07.00 WIB. Terdapat 3 wilayah perairan Indonesia yang berpotensi mengalami gelombang tinggi hingga mencapai 6 meter.

Di antaranya adalah Perairan Barat Aceh. Menurut informasi yang diambil dari akun Instagram @infobmkg, pola angin di wilayah Indonesia bagian utara mayoritas bertiup dari arah Barat Daya hingga Barat Laut, dengan kecepatan angin berkisar antara 5 - 35 knot.

Baca Juga: BMKG Bocorkan Panas di Indonesia Bakal Berakhir, Rasa Gerahnya Itu Gara-gara Ini

Sementara di wilayah Indonesia bagian selatan, pola angin dominan bertiup dari arah Timur hingga Tenggara, dengan kecepatan angin berkisar antara 5 - 30 knot.

Kecepatan angin tertinggi terpantau di wilayah Perairan Barat Aceh, Perairan Utara P. Sabang, dan Samudera Hindia Barat Aceh.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x