> >

Besok Kirab Agung Peringatan Kenaikan Tahta PB XIII Keraton Surakarta, Ini Rute yang Dilewati

Budaya | 15 Februari 2023, 10:15 WIB
Ilustrasi - Kirab Agung dalam rangka Tingalandalem Jumenengan ke - 19 tahun SISKS Pakoe Boewono XIII digelar Kamis (16/2/2023). (Sumber: Instagram @keraton_solo)

SURAKARTA, KOMPAS.TV – Keraton Surakarta Hadiningrat akan menggelar acara Kirab Agung pada Hari Kamis (16/2/2023) pada pukul 14:00 WIB hingga selesai. Oleh sebab itu kemungkinan akan ada pengalihan arus lalu lintas.

Sebagaimana dikutip dari laman Instagram @keraton_solo, rute Kirab melewati jalan sebagai berikut;

Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat - lalu JI. Pakoe Boewono - Gapura Gladag ke utara menuju JI. Jend. Sudirman - belok ke timur melalui JI. Mayor Kusmanto - belok ke selatan melalui JI. Kapten Mulyadi - belok ke barat melalui JI. Veteran - belok ke utara melalui JI. Yos Sudarso - belok ke timur melalui JI. Brigjend Slamet Riyadi - belok ke selatan melalui JI. Pakoe Boewono - kembali ke Karaton Kasunanan Surakarta Hadiningrat.

Kirab Agung tersebut dalam rangka Tingalandalem Jumenengan Sampeyan Ndalem Ingkang Sinuhun Kanjeng Susuhunan (SISKS) Paku Buwono XIII atau peringatan 19 tahun kenaikan tahta Sri Susuhunan Pakoe Boewono XIII sebagai Raja Karaton Kasunanan Surakarta Hadiningrat

Masyarakat pun bisa menyaksikan acara kirab di sepanjang rute yang dilalui.

Baca Juga: Geger Keraton Solo Sejak 2012, Gusti Moeng Temui PB XIII: Kalau Dianggap Salah, Saya Minta Maaf

Menurut ketua acara Kirab Agung Kanjeng Gusti Pangeran Haryo (KGPH) Adipati Benowo, rute kirab adalah seperti kirab Malam 1 Suro.

"Bedanya di kirab kali ini mulainya dari Pagelaran. Kalau Kirab Malam 1 Suro kan mulainya dari Kori Kamandungan," terangnya kepada wartawan saat rapat persiapan Kirab Agung Tingalan Dalem Jumenengan ke-19 SISKS Paku Buwono XIII di Keraton Surakarta, Senin (13/2/2023), dikutip dari Kompas.com.

Pawai kereta kencana Pusaka Keraton Surakarta

Adapun dalam acara kirab, raja dan keluarganya, beserta tamu undangan, akan diarak dengan kereta kencana pusaka.

Penulis : Fransisca Natalia Editor : Gading-Persada

Sumber : Kompas TV


TERBARU