> >

Kades di Grobogan Viral usai Sebut Nama Jokowi dalam Candaan, Ngaku Kaget Video Dipotong

Viral | 22 Januari 2023, 14:46 WIB
Arif Sofianto (49), kades Sambung, Godong, Grobogan, Jawa Tengah, saat ditemui di kediamannya, Jumat (20/1/2023). (Sumber: Kompas.com/Puthut Dwi Putranto Nugroho)

GROBOGAN, KOMPAS.TV - Video selorohan yang dilontarkan beberapa kepala desa (kades) di Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah yang menyebut nama "Jokowi" viral di media sosial.

Video yang diunggah akun TikTok, @eko_hk.news tersebut telah ditonton lebih dari 1,9 juta kali hingga Minggu (22/1/2023).

Sebagaimana diketahui, rekaman itu diambil saat momen ratusan kades gelar aksi perpanjangan masa jabatan.

Rekaman berdurasi 30 detik itu ramai dihujat netizen karena salah seorang kades menyebut nama "Jokowi" dalam selorohnya. Namun, belum jelas yang dimaksud apakah Presiden Joko Widodo atau bukan.

"Muliho, Jokowi tak urusane, mengko tak perpanjang sak matimu (Pulang saja, Jokowi biar aku yang urus, nanti tak perpanjang sematimu)," tutur kades berambut gondrong yang disambung gelak tawa kades lain.

Mereka kemudian berjalan ke kamar hotel dan menghampiri kades lain yang tengah duduk.

Baca Juga: DPR Sebut Jabatan Kades Jadi 9 Tahun Penting buat Pembangunan Desa, tapi Rentan Digugat ke MK

"Wis pokoke diperpanjang sak matine, orak terimo 9 tahun, sak matine (Saya pastikan diperpanjang hingga mati, bukan cuma 9 tahun, tapi hingga mati," sambung kades lain.

Menanggapi unggahan tersebut salah satu kades yang vokal dalam video tersebut adalah Arif Sofianto, kades Sambung. Ia mengaku nama Jokowi yang dia sebut dalam candaannya, bukan merujuk pada Presiden Jokowi.

"Video itu tidak utuh dan dipotong-potong. Bapak Jokowi yang saya sebut bukan Bapak Jokowi Presiden Indonesia, melainkan Bapak Jokowi seorang RT, teman baik saya dan kebetulan warga Kades Guyangan, Godong," tutur Arif, Jumat (20/1/2023), dikutip dari Kompas.com.

Penulis : Danang Suryo Editor : Edy-A.-Putra

Sumber : Kompas.com


TERBARU