> >

Gibran soal 2 Bupati Soloraya Tolak Pembangunan Tol Lingkar Solo: Nanti Duduk Bareng Dulu

Peristiwa | 3 Januari 2023, 21:22 WIB
Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka mengaku akan mengajak Bupati Klaten Sri Mulyani dan Bupati Karanganyar Juliyatmono untuk duduk bersama membahas pembangunan jalan tol lingkar Timur-Selatan Kota Solo, Jawa Tengah. (Sumber: Kompas TV/Antara)

SOLO, KOMPAS.TV - Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka mengaku akan mengajak Bupati Klaten Sri Mulyani dan Bupati Karanganyar Juliyatmono untuk duduk bersama membahas pembangunan jalan tol lingkar Timur-Selatan Kota Solo, Jawa Tengah.

Seperti diketahui, dua bupati di Soloraya tersebut sebelumnya menyatakan sikap penolakan terhadap rencana pembangunan tol lingkar timur-selatan Solo yang melintasi wilayah Klaten.

"Ya kan beberapa bupati inginnya ring road, bukan tol. Ya nanti duduk bareng dulu," kata Gibran di Balai Kota Solo, Selasa (3/1/2022).

Sejatinya, kata dia, rencana pembangunan tol lingkar timur-selatan itu sudah lama dibahas, yakni sejak awal dirinya menjadi Wali Kota Solo.

"Kalau saya melihat urgensinya, lihat saja, Solo hampir enggak bisa gerak, trafic-nya stuck," jelasnya.

Putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi) ini juga mengeklaim bahwa tol lingkar timur-selatan ini akan berdampak signifikan, utamanya mengurangi kemacetan.

"Pasti (berdampak signifikan), kemacetan hilang, distribusi barang akan lebih mudah. Traffic tidak hanya di tengah kota tapi muter," jelasnya.

Sebab itu, dia berencana mengajak dua bupati Soloraya tersebut untuk duduk bareng membahas hal tersebut.

Baca Juga: Daftar Program Gibran usai Dapat Hibah Rp236 Miliar dari Presiden UEA

"Namanya pro dan kontra itu biasa, bupati ingin yang terbaik untuk kabupaten masing-masing. Nanti kami koordinasi lagi, sama kementerian juga," ucapnya.

Penulis : Isnaya Helmi Editor : Hariyanto-Kurniawan

Sumber : Kompas TV


TERBARU