> >

Ganjar Pranowo Sebut Ada 97 Perusahaan yang Relokasi Pabriknya ke Jawa Tengah

Peristiwa | 8 Desember 2022, 16:16 WIB
Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo mengungkapkan hingga akhir 2022, sebanyak 97 perusahaan melakukan relokasi pabrik ke berbagai daerah di Jateng. (Sumber: Kompas.tv/Ant)

SEMARANG, KOMPAS.TV - Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo mengungkapkan hingga akhir 2022, sebanyak 97 perusahaan melakukan relokasi atau memindah pabriknya ke berbagai daerah di Jateng.

Dia mengeklaim relokasi bahkan ekspansi pabrik tersebut merupakan bukti kepercayaan para investor kepada Pemprov Jateng.

"Hingga akhir tahun ini setidaknya sudah ada 97 perusahaan yang merelokasi pabriknya ke berbagai daerah di Jateng,” kata Ganjar di Semarang, Kamis (8/12/2022), seperti dikutip dari Antara.

Melihat hal itu, Ganjar pun mengatakan kepercayaan para investor harus terus dijaga di tengah kondisi seperti ini.

Adapun salah satu caranya yakni dengan menjaga situasi industri yang kondusif di Jateng.

"Ini mesti dijaga dan kami juga sudah mendapatkan informasi beberapa pabrik yang ada di tetangga kiri-kanan sudah mengurangi produksi," ujarnya. 

"Menariknya di Jawa Tengah masih stabil bahkan kemarin kurang lebih ada 97 perusahaan yang relokasi ke Jateng, gede itu."

Baca Juga: Gubernur Jateng Ganjar Pranowo Anggarkan Dana Darurat Kebencanaan Sedikitnya Rp15 Miliar

Politikus PDIP ini pun menyatakan dengan semakin banyak industri masuk ke Jateng, serapan tenaga kerja makin banyak, perimbangan akan terjadi.

Perimbangan yang dimaksud,  salah satunya berkaitan dengan upah minimum kabupaten/kota (UMK) yang nanti tidak terpaut jauh antara daerah satu dengan lainnya.

Penulis : Isnaya Helmi Editor : Iman-Firdaus

Sumber : Antara


TERBARU