> >

Tanggul Laut Muara Baru Retak, Air Laut Merembes ke Daratan

Peristiwa | 28 November 2022, 15:03 WIB
Keretakan terjadi di sejumlah sisi tanggul laut Muara Baru, Penjaringan, Jakarta Utara, dan menyebabkan air laut merembes ke daratan. (Sumber: Kompas.com/Zintan Prihatini)

JAKARTA, KOMPAS.TV – Keretakan terjadi di sejumlah sisi tanggul laut Muara Baru, Penjaringan, Jakarta Utara, dan menyebabkan air laut merembes ke daratan.

Berdasarkan pantauan Kompas.com di lokasi, keretakan tersebut ada pada bagian bawah tanggul yang berjarak kira-kira 10 meter dari seberang rumah semi permanen milik warga setempat.

Akibatnya, air laut mengalir ke daratan dan menyebabkan area yang berada di sekitar rumah warga tergenang air setinggi 5-10 sentimeter.

Seorang warga setempat, Beda (56), yang tinggal di RT 15 RW 17, Muara Baru, Penjaringan, saat air pasang naik, air laut melimpas ke daratan.

Baca Juga: Perbaikan Tanggul Jebol Ditangani Secara Darurat

"Ya namanya air kan selobang jarum aja bisa lewat. Kan itu ada yang bocor-bocor dari situ," ungkap Beda saat ditemui Kompas.com di kawasan tanggul Muara Baru.

Warga yang tinggal di sekitar tanggul tersebut harus bolak-balik melintasi genangan air saat menjemur pakaian, maupun mengurusi ternak.

Meski demikian, kata Beda, air tidak sampai naik ke rumah, dan saat laut surut, airnya tidak mengalir lagi.

"Air (hanya) setinggi itu saja, enggak sampai naik ke rumah. Kalau surut lautnya, sudah enggak ngalir airnya," kata Beda.

Selain retak, sisi-sisi bagian bawah tanggul juga tampak berlubang. Bagian yang berlubang ini telah ditambal dengan conblock seadanya.  

Penulis : Kurniawan Eka Mulyana Editor : Edy-A.-Putra

Sumber : Kompas.com


TERBARU