> >

Lega, Samin Akhirnya dapat Ganti Uang Dimakan Rayap Rp20,2 Juta dari BI Solo

Sosial | 15 September 2022, 15:36 WIB
Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPwBI) Solo Nugroho Joko Prastowo menyerahkan uang pengganti kepada Samin didampingi istri di Kantor Bank Indonesia Solo, Kamis (15/9/2022) (Sumber: Kompas.com/Labib Zamani)

SOLO, KOMPAS.TV – Bank Indonesia (BI) Perwakilan Solo akhirnya mengganti uang tabungan milik Samin (53), penjaga Sekolah Dasar Negeri (SDN) Lojiwetan No 49 yang rusak dimakan rayap. 

Kepala KPwBI Solo Nugroho Joko Prastowo menuturkan, proses penyusunan sisa uang kertas yang rusak dimakan rayap milik Samin tersebut membutuhkan waktu dua hari.

"Dari sisa lembaran ini, Selasa (13/9/2022) langsung bisa kami identifikasi Rp9.910.000. Rabu kemarin coba rekonstruksi kembali, Alhamdulilah bisa menghasilkan dan memenuhi syarat yakni 2/3 dari luasan uang Rp10.310.000. Total yang sah dapat penggantian sebanyak Rp 20.220.000. Ini jumlah optimal yang bisa BI bantu," terang Joko Prastowo di Solo, Kamis (15/9), seperti dikutip dari Kompas.com.

Sementara, sisa uang kertas lainnya tidak dapat direkonstruksi karena kondisinya sudah rusak parah atau berupa potongan kecil.

Adapun, uang tersebut diserahkan Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPwBI) Solo Nugroho Joko Prastowo kepada Samin yang didampingi istri di Kantor Bank Indonesia Solo, Kamis (15/9).

Baca Juga: Biar Uang Enggak Dimakan Rayap, Simak Produk Tabungan di Bank Bebas Biaya Admin

Samin yang telah menerima penggantian uang dari Bank Indonesia Solo mengaku senang. Dari sekitar Rp50 juta uangnya yang rusak, dapat penggantinya senilai Rp20.220.000.

Dia juga mendapatkan kenang-kenangan berupa uang seri terbaru yang bisa dipajang di rumahnya.

"Bersyukur, Alhamdulilah sudah dibantu oleh bapak ibu semua. Setelah susah payah membantu saya merangkai serpihan-serpihan uang saya ternyata sudah bisa maksimal bisa ditukar saya bersyukur sekali," ungkap dia.

Samin pun sadar dengan kejadian itu ke depan akan menabungkan uangnya di bank.

Penulis : Fransisca Natalia Editor : Gading-Persada

Sumber : Kompas TV, Kompas.com


TERBARU