Kompas TV bisnis ekonomi dan bisnis

Biar Uang Enggak Dimakan Rayap, Simak Produk Tabungan di Bank Bebas Biaya Admin

Kompas.tv - 15 September 2022, 12:52 WIB
biar-uang-enggak-dimakan-rayap-simak-produk-tabungan-di-bank-bebas-biaya-admin
Samin memperlihatkan uang tabungannya yang rusak akibat dimakan rayap di Solo, Selasa (13/9/2022). (Sumber: ANTARA/Aris Wasita)
Penulis : Dina Karina | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS.TV- Seorang penjaga sekolah di Solo, Jawa Tengah, bernama Samin, harus kehilangan uang tabungannya karena habis dimakan rayap. Ia menyimpan uang tersebut di rumah dan rencananya akan digunakan untuk naik haji.

Samin adalah satu contoh dari sekian banyak masyarakat di Indonesia yang lebih memilih menyimpan uangnya di rumah, dibanding di bank. Alasannya beragam, mulai dari lokasi kantor bank yang jauh, tidak adanya ATM setor tunai atau kantor kas keliling, takut nilai tabungannya tergerus oleh biaya admin, hingga kurangnya pengetahuan tentang perbankan.

Padahal, sebenarnya menabung di bank tentunya lebih aman dibanding di rumah yang bisa saja dicuri. Perbankan juga sudah banyak menyediakan produk tabungan yang bebas biaya administrasi. Sehingga dana nasabah tidak akan berkurang.

Baca Juga: Tips Bebas Denda PLN, Berikut Hal Yang Tidak Boleh Dilakukan Pelanggan

Dikutip dari berbagai sumber, berikut produk tabungan yang bebas biaya admin:

1. Produk TabunganKu

TabunganKu merupakan produk perbankan yang bisa ditemukan pada beberapa bank seperti Mandiri, BCA, BNI, dan Maybank. Nasabah TabunganKu tidak akan dikenakan biaya admin, bahkan setoran awalnya mulai dari Rp20.000 saja.

2. Danamon LEBIH dari Bank Danamon

Untuk Danamon LEBIH, nasabah bisa bebas biaya admin jika  saldo rata-rata rekening di atas Rp1 juta. Dikutip dari laman resmi bank Danamon, setoran awal produk ini adalah minimal Rp250.000 dan saldo ditahan sebesar Rp50.000, sedangkan saldo minimal yang harus ada di rekening ialah Rp500.000.

3. Easy Wadi’ah dari BSI

Bank Syariah Indonesia (BSI) juga menyediakan layanan rekening tanpa biaya admin dan nama produknya adalah tabungan Easy Wadi’ah. Saat membuka rekening nasabah hanya perlu menyediakan biaya setoran awal minimal Rp100.000. Adapun saldo minimalnya ialah Rp50.000.

4. Tabungan OCTO Savers dari CIMB Niaga

Untuk jenis tabungan ini, setoran awal minimal Rp100.00p, minimal saldo mengendap Rp50.000, batas penarikan harian di ATM Rp15 juta.

Namun saldo minimum adalah Rp2 juta, jika kurang dari itu, akan kena biaya admin Rp17.500. Apabila rekening tabungan tidak aktif selama 6 bulan, maka akan dikenakan biaya dormant account sebesar Rp5.000 per bulan.



Sumber : KompasTV

BERITA LAINNYA



Close Ads x