> >

INASPOC Modifikasi Mobil Untuk Atlet Berkursi Roda ASEAN Para Games

Berita daerah | 3 Agustus 2022, 11:55 WIB

SOLO, KOMPAS.TV - Sebanyak 130 unit kendaraan roda empat disiapkan oleh Indonesia National Paralympic Organization Comittee atau INASPOC, sebagai transportasi atlet ASEAN Para Games 2022. Terdapat 65 bus berukuran sedang berkapasitas 20 - 25 penumpang. Selain itu, ada 65 unit mini bus yang dimodifikasi khusus untuk mengakomodir atlet berkursi roda.

Menurut Hari Prayitno, Kepala Dinas Perhubungan Kota Surakarta, yang juga Kepala Bidang Transportasi INASPOC, armada khusus atlet kursi roda tersebut memang dimodifikasi khusus untuk mempermudah mobilitas atlet. Selain jalur khusus kursi roda, di dalam mini bus juga tersedia pegangan dan rem untuk roda, sehingga para atlet aman dan nyaman selama perjalanan.

Sebelum digunakan, kendaraan telah melakukan uji coba, dan mendapat respons cukup positif dari para atlet.

"Jadi modifikasinya itu tempat duduk dalamnya dihilangkan, kemudian diberi besi untuk pegangan. Kemudian yang paling penting, ada rem yang bisa dibuka tutup saat berjalan," jelas Hari.

"Membantu sekali buat teman-teman,terutama yang pemakai kursi roda," kata I Komang Suparta, atlet basket kursi roda Indonesia.

Pada ASEAN Para Games 2022, cukup banyak atlet yang menggunakan kursi roda. Diantaranya basket kursi roda, para tenis serta para angkat berat.

#aseanparagames #inaspoc #atlet

Penulis : KompasTV-Jateng

Sumber : Kompas TV


TERBARU