> >

Ruang Kelas Tak Layak, SDN Sirnagalih 2 Cianjur Harap Pemda Segera Perbaiki Gedung Sekolah

Peristiwa | 23 Mei 2022, 19:00 WIB
Kondisi ruang kelas yang rusak di Sekolah Dasar Negeri Sirnagalih 2 Cianjur masih dibiarkan terbengkalai, Senin (23/5/2022) (Sumber: Kompas TV)

CIANJUR, KOMPAS.TV - Tiga atap ruang kelas di Sekolah Dasar Negeri (SDN) Sirnagalih 2 Cianjur, Jawa Barat, ambruk akibat lapuk dimakan usia. Ruang kelas lainnya pun mengalami kerusakan. 

Jurnalis Kompas TV, Angga Riady, melaporkan bahwa pihak sekolah sudah beberapa kali mengajukan permintaan perbaikan bangunan sekolah itu.

Namun pemerintah daerah Cianjur tetap membiarkan sekolah rusak tersebut digunakan untuk kegiatan belajar-mengajar.

"Waktu itu, pembelajaran sedang berlangsung pada siang hari, pada musim hujan, tiba-tiba di atap ada yang ke bawah (jatuh -red), anak-anak kaget (benda yang jatuh itu -red) kena meja. Tapi alhamdulillah anak-anak langsung diamankan oleh gurunya dan ruangan dikosongkan dengan segera," tutur guru SDN Sirnagalih 2 Cianjur, Teni Slutianiwijaya.

"Alhamdulillah tidak ada korban jiwa."

SDN Sirnagalih 2 Cianjur dibangun sekitar tahun 2006. Namun hingga saat ini, bangunan sekolah tersebut belum pernah diperbaiki.

Baca Juga: Nelayan Antarkan Siswa ke Sekolah Akibat Banjir Rob

Menurut Teni, kerusakan sekolah tersebut sudah terjadi sejak sekitar enam tahun yang lalu. Kayu yang lapuk di bagian atap menyebabkan atap di tiga ruang kelas ambruk.

Selain itu, adanya pergeseran tanah juga menyebabkan dinding-dinding ruang sekolah terbelah.

Tembok ruang kelas SDN Sirnagalih 2 Cianjur juga rusak akibat pergeseran tanah, Senin (23/5/2022) (Sumber: Kompas TV)

"Pada sore hari ketika anak-anak sudah pulang, waktu itu hujan deras dan angin kencang, kami pun pihak sekolah mendapat berita dari warga setempat pada sore hari, bahwa ruang kelas, yang kebetulan kelas 6, ambruk," ungkap Teni.

Penulis : Nadia Intan Fajarlie Editor : Edy-A.-Putra

Sumber : Kompas TV


TERBARU