> >

Hujan Deras di Gorontalo Sebabkan 1 Jembatan Patah dan Ratusan Rumah Terdampak

Peristiwa | 9 Januari 2022, 14:15 WIB
Hujan lebat disertai angin kencang yang mengguyur Kabupaten Pohuwato, Provinsi Gorontalo, mengakibatkan satu jembatan roboh. (Sumber: BNPB)

JAKARTA, KOMPAS.TV – Hujan lebat disertai angin kencang yang mengguyur Kabupaten Pohuwato, Provinsi Gorontalo, mengakibatkan satu jembatan runtuh.

Bagian tengah jembatan patah. Abudmentnya terguling karena tanah di sekitarnya mengalami abrasi.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Pusat Data, Informasi, dan Komunikasi Kebencanaan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Abdul Muhari menjelaskan hal itu, Minggu (9/1/2022).

Menurutnya, peristiwa itu terjadi pada Sabtu (8/1). Hujan lebat pada pukul 16.00 waktu setempat itu memicu terjadinya longsor hingga merusak satu unit jembatan.

Baca Juga: Jokowi Berikan 15 Ribu Paket Bantuan untuk Korban Banjir di Aceh

Abdul Muhari menjelaskan, berdasarkan laporan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pohuwato, jembatan tersebut merupakan jembatan desa.

“Jembatan tersebut terdapat di Desa Bulangita, Kecamatan Patilanggio,” ujarnya menjelaskan.

Pada wilayah kecamatan ini dan dua kecamatan lain, yaitu Kecamatan Marisa dan Buntulia, banjir menggenangi dengan tinggi muka air 30 – 50 cm.

BPBD setempat juga mencatat sebanyak 182 unit rumah yang dihuni sekitar 652 jiwa terdampak banjir.

“Namun tidak ada informasi adanya warga luka-luka atau pun pengungsian,” imbuhnya.

Merespons kejadian di dua kecamatan tersebut, BPBD telah melakukan pendataan, khususnya dampak korban jiwa maupun kerugian material.

Penulis : Kurniawan Eka Mulyana Editor : Purwanto

Sumber : Kompas TV


TERBARU