> >

Hadiri Borobudur Marathon 2021, Ganjar Luncurkan Program Kredit Lapak untuk Pedagang Pasar

Berita daerah | 27 November 2021, 12:18 WIB
Ganjar Pranowo meluncurkan program Kredit Lapak, kredit murah untuk pedagang pasar dan pelaku industri kecil rumahan dengan bunga ringan, Sabtu (27/11/2021). (Sumber: Pemprov Jateng)

MAGELANG, KOMPAS.TV - Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo meluncurkan program Kredit Lapak, kredit murah untuk pedagang pasar dan pelaku industri kecil rumahan dengan bunga ringan, Sabtu (27/11/2021).

Program yang dikerjasamakan dengan Bank Jateng tersebut merupakan gebrakan untuk pemulihan sektor ekonomi pascapandemi.

Pada peluncuran Program Kredit Lapak yang dilakukan bertepatan dengan gelaran Borobudur Marathon 2021 tersebut Ganjar menyerahkan langsung secara simbolis kepada ibu-ibu pedagang Pasar Salaman Magelang.

“Hari ini kita launching Kredit Lapak, kredit untuk ibu-ibu pedagang pasar tradisional dan ibu-ibu kreatif di rumah. Plafonnya maksimal Rp2 juta dengan bunga dua persen per tahun,” katanya melalui keterangan tertulis Pemerintah Provinsi Jateng.

Baca Juga: Ganjar: Guru Hononer Juga Buruh, Gajinya Harus UMK

Ganjar menegaskan, program itu untuk mendorong kebangkitan ekonomi, khususnya ibu-ibu. Sebab, menurut Ganjar, banyak kelompok perempuan kreatif yang memiliki sejumlah sektor usaha kecil.

“Kelompok perempuan ini biasanya gemi (hemat), titi (berhati-hati), dan manajemen keuangannya bagus. Sehingga disiplin mereka juga bagus,” ucapnya.

Dia menambahkan, banyak di antara kelompok perempuan yang membutuhkan modal kecil untuk usaha mereka.

Oleh sebab itu, dia berharap program ini dapat membantu kelompok perempuan di Jateng dalam menjalankan usahanya.

“Rata-rata mereka butuh modal tiap hari Rp100.000 sampai Rp1 juta. Kalau pinjam ke bank kan susah, makanya dengan program ini harapan saya mereka bisa terbantu,” jelasnya.

Penulis : Kurniawan Eka Mulyana Editor : Edy-A.-Putra

Sumber : Kompas TV


TERBARU