Kompas TV regional berita daerah

Ganjar: Guru Hononer Juga Buruh, Gajinya Harus UMK

Kompas.tv - 26 November 2021, 14:37 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - Memperingati Hari Guru Nasional, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menjadi pembina upacara di Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri Kota Semarang. Ganjar menyatakan akan terus memperjuangkan kesejahteraan guru terutama bagi guru honorer.

Lebih lanjut Ganjar Pranowo meminta agar semua bupati dan wali kota se-Jawa Tengah untuk menstandartkan gaji guru honorer sesuai UMK masing- masing daerah. Jika alasan anggaran tidak mencukupi, Ganjar mengusulkan bisa dengan  potong gaji PNS untuk bantu guru honorer.

Ganjar menegaskan, guru honorer ini sama dengan buruh, jika buruh diperjuangkan gajinya UMK, pemerintah harus memperjuangkan nasib gaji guru honorer sesuai UMK juga. Ganjar bersyukur dengan adanya program guru P3K di harapkan guru honorer yang lolos kesejahteraannya lebih terjamin.

"Maka saya minta, saya mohon betul, untuk kawan-kawan DPRD kabupaten/kota di Jawa Tengah, para bupati/wali kota yang ada di Jawa Tengah. Ayo dorong, guru-guru honorer itu juga buruh, itu buruh itu, itu pegawai, itu pekerja. Tolong di UMK-kan semuanya," kata Ganjar.

Usai mengikuti upacara Hari Guru Nasional, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, menyempatkan berkunjung ke rumah Gunawan Abduanto salah satu guru honorer yang mendapat bantuan bedah rumah di Mangunharjo Tembalang Kota Semarang. Suasana haru berbaur bahagia menyelimuti keluarga tersebut. Bahkan sang ibu tak kuasa menahan air mata bangga dengan putranya yang kini berprofesi guru, meski masih berstatus guru honorer.

#ganjarpranowo #hariguru #kotasemarang

 

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.