> >

Mengenal Rumah Informasi Sejarah di Kota Metro

Berita daerah | 27 September 2021, 13:10 WIB

LAMPUNG, KOMPAS.TV ­– Mengulik informasi sejarah peninggalan Kolonial Hindia Belanda melalui Rumah Informasi Sejarah (RIS)  yang berada di kawasan Jalan Brigjend Sutiyoso, Kota Metro, Lampung.

Rumah Informasi Sejarah (RIS) ini merupakan hasil inisiasi dan kolaborasi oleh sejumlah milenial yang terdiri dari sejarawan, pendesain, tenaga pendidik hingga peran jurnalis. Harapan adanya Rumah Informasi Sejarah ini, ialah agar dapat menjadi ruang publik yang mampu memberikan nilai edukasi bagi masyarakat.

Pengunjung yang datang akan disuguhkan dengan berbagai informasi sejarah yang ditampilkan pada dinding setiap ruangan rumah cagar budaya dokterswoming.

Baca Juga: Satrategi Perajin Batik Tulis Lampung Agar Tetap Produktif Ditengah Pandemi

Selain itu, agar memudahkan bagi pengunjung untuk mengetahui nilai sejarah dan lebih mengenal Kota Metro, sejumlah informasi yang ada di Rumah Informasi Sejarah (RIS) pun dibuat semenarik mungkin dari segi tampilan desain.

Saat dijumpai Oki Hajiansyah, Sahabat Dokterswoning turut mengajak berbagai komunitas untuk mengembangkan cagar budaya dan menjadikan Rumah Informasi Sejarah (RIS) ini nantinya menjadi tempat belajar bagi generasi muda di Metro.

“Agar tidak hanya menjadi bangunan tua saja, kita merangkul komunitas-komunitas dan pada masa PPKM muncul ide untuk membuat Rumah Informasi Sejarah (RIS) ini,” ungkapnya.

Keberadaan Rumah Informasi Sejarah (RIS) ini sangat didukung oleh Pemerintah Kota Metro. Hal ini disampaikan langsung oleh Wahdi Siradjuddin selaku Walikota Metro Lampung.

Menurutnya Rumah Informasi Sejarah (RIS) ini, selaras dengan visi Kota Metro sebagai wilayah berpendidikan, sehat, dan berbudaya.

Baca Juga: Melihat Benda Bersejarah di Kampung Cagar Budaya

“Jadi, menciptakan efek yang besar. Selain edukasi, yaitu wisata sejarahnya. Nah, itu yang akan kami munculkan di sini,” ujarnya.

Nantinya, pengembangan dan penambahan sejumlah fasilitas akan terus dilakukan dengan tujuan agar Rumah Informasi Sejarah (RIS) ini dapat menarik warga khususnya kaum muda untuk berkunjung sehingga mampu meningkatkan daya baca masyarakat dalam mengenal sejarah.

#rumahinformasisejarah #dokterswoning #walikotametro

Penulis : Kompastv-Lampung

Sumber : Kompas TV


TERBARU