> >

Kesehatan Balita Makan Pasir dan Tanah Diperiksa

Berita daerah | 14 September 2021, 21:16 WIB

TEGAL, KOMPAS.TV - Wakil Walikota Tegal Muhammad Jumadi mengunjungi rumah orang tua VF, balita tiga tahun di Kelurahan Debong Lor, Kecamatan Tegal Barat, Kota Tegal yang gemar memakan tanah dan pasir pada Senin (14/09) siang. VF nampak gembira saat wakil walikota beserta wakil ketua tim Penggerak PKK Dyah Probondari memberikan bantuan berupa susu dan makanan ringan.

Anak ketiga dari pasangan suami istri Carmo dan Umrotun ini nampak riang memilih minuman dan makanan yang diinginkan. Karena selama ini akibat kemiskinan balita tiga tahun tersebut hanya mengkomsumsi makanan seadanya.

Wakil Walikota Tegal Muhammad Jumadi mengatakan kondisi VF yang gemar memakan tanah dan pasir menjadi kabar yang memprihatinkan. Karena menurutnya bukan hanya faktor kesehatan melainkan ada faktor utama lainnya yakni kemiskinan.

Baca Juga: Balita di Tegal Gemar Makan Tanah, Rumah Sakit Lakukan Pemeriksaan

Ironisnya kedua orang tuanya yang hanya menikah siri belum mendapatkan kartu keluarga. Sehingga belum tersentuh bantuan dari pemerintah Kota Tegal. Pihaknya telah berkoordinasi dengan Organisasi Perangkat Daerah Pemkot Tegal untuk memfasilitasi pembuatan kartu keluarga dan data kependudukan lainnya agar didaftar sebagai penerima bantuan.

Sebelumnya VF juga telah diperiksa kesehatannya di RSUD Kardinah Tegal. Kepala Puskesmas Debong Lor Fikri El Mujahid mengatakan dari hasil pemeriksaan dokter spesialis anak, dokter spesialis kejiwaan, dan psikolog, kondisi VF dinyatakan baik dan tanpa keluhan. Namun, pihaknya masih menunggu hasil pemeriksaan laboratorium untuk mengetahui ada tidaknya gangguan pencernaan.

VF diketahui gemar memakan tanah dan pasir saat masih berusia satu setengah tahun. Saat lepas dari pengawasan orang tua, VF kerap memakan pasir dan tanah saat bermain. Namun saat dilarang ibunya, VF justru mengamuk dan menangis.

Video Editor: Faqih Fisabilillah

Penulis : edika-ipelona

Sumber : Kompas TV


TERBARU