> >

Menko Luhut Minta Kartu Vaksinasi Covid-19 Jadi Syarat Masuk Malioboro

Sosial | 6 Agustus 2021, 22:08 WIB
Bendera putih terpasang di sepanjang Jalan Malioboro, DI Yogyakarta, sebagai tanda pedagang kaki lima (PKL) menyerah menghadapi pandemi, Jumat (30/7/2021). (Sumber: KOMPAS.com/WISANG SETO PANGARIBO)

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - Koordinator PPKM Jawa-Bali dan Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan meminta kartu vaksinasi Covid-19 dapat menjadi syarat masuk area wisata Malioboro, Yogyakarta.

"Nanti Malioboro jalan, kami akan minta supaya (pengunjung) membawa kartu vaksin. Itu untuk keselamatan kita semua," kata Luhut saat meninjau shelter isolasi di Rusunawa Bener, Tegalrejo pada Jumat (6/8/2021), dilansir dari Antara.

Luhut menyadari seluruh warga Malioboro sudah menerima vaksin Covid-19. Karena itu juga, pengunjung dari luar mesti sudah mendapat vaksin.

"Tadi seperti (disampaikan) Pak Sultan di Malioboro semua sudah divaksin, saya kemarin lihat. Sekarang mau pelan-pelan bikin orang yang masuk Malioboro harus punya vaksin card, kartu vaksin," ujar Luhut.

Baca Juga: Lima Pasar Tradisional di Yogyakarta Diizinkan Beroperasi, Termasuk Beringharjo Sisi Barat

Ia pun mengimbau seluruh warga Yogyakarta untuk segera mendaftar vaksinasi Covid-19. Ia berharap, sebagian besar warga Yogya sudah mendapat vaksin pada September 2021.

"Kita akan bisa vaksin hampir 100 persen itu nanti bulan September seluruh Yogyakarta. Jadi sampaikan kepada orang tua kita yang belum agar divaksin," ujar Luhut.

Ke depannya, Luhut ingin seluruh pihak harus mampu beradaptasi dengan pandemi selepas PPKM.

Sebab itu, pihaknya berencana menggunakan kartu vaksin sebagai syarat masuk tempat wisata dan pusat perbelanjaan.

"Jadi nanti kalian pergi ke restoran tanpa ini (kartu vaksin), ditolak. Atau belanja tanpa ini, ditolak karena ini demi keselamatan kita semua," ucapnya.

Penulis : Ahmad Zuhad Editor : Hariyanto-Kurniawan

Sumber : Antara


TERBARU