> >

Lima Fraksi DPRD DKI Jakarta Dukung Perubahan RPJMD 2017-2022 yang Diajukan Anies

Politik | 3 Agustus 2021, 13:23 WIB
Ilustrasi suasana rapat paripurna DPRD DKI Jakarta, pada Jumat (27/11/2020). Rapat kali ini memiliki agenda pembahasan penyampaian pemandangan umum fraksi-fraksi terhadap Raperda Provinsi DKI Jakarta tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Provinsi DKI Jakarta Tahun Anggaran 2021. (Sumber: Kompas.com/Sonya Teresa)

 

JAKARTA, KOMPAS.TV - Lima dari sembilan fraksi di DPRD DKI Jakarta mendukung usulan revisi  Rancangan Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Pemprov DKI Jakarta 2017-2022. 

 

Secara umum, fraksi-fraksi yang mendukung perubahan RPJMD beralasan yaitu terjadinya pandemi Covid-19 yang berdampak pada program yang ada dalam RPJMD sebelumnya. 

Fraksi pertama yakni Partai Gerindra DPRD DKI Jakarta yang menyatakan dukungannya. Meskipun begitu, ada sejumlah catatan yang diberikan Partai Gerindra. 

Pertama, perubahan RPJMD harus menggambarkan pola pembangunan yang efektif dan menyesuaikan kemampuan riil Pemprov DKI, khususnya pada masa pandemi COVID-19 hingga antisipasi pasca pandemi ke depannya.

"Kedua, hendaknya menyesuaikan indikator dan target kinerja pembangunan benar-benar dilakukan pada periode 2020, 2021 dan 2022 serta tidak menghilangkan program pembangunan sebelumnya yang menjadi keunggulan dan basis kebutuhan warga," tutur Thopaz, dilansir dari Kompas.com, Selasa (3/8/2021). 

Ketiga, perubahan RPJMD juga kelak dapat memberikan jawaban atas kompleksitas permasalahan DKI Jakarta yang dapat diselesaikan hingga tahun 2022.

Thopaz menekankan sejumlah program yakni penanganan banjir, program kewirausahaan terpadu, Rumah DP Rp 0, Rusunawa, akses pendapatan air bersih dan angkutan transportasi yang terintegrasi. 

Baca Juga: PDI-P DKI Tolak Perubahan RPJMD Usulan Anies, Soroti Sejumlah Program yang Tak Capai Target

Penulis : Hasya Nindita Editor : Iman-Firdaus

Sumber : Kompas TV


TERBARU