> >

Selain Pengendali Banjir, Bendung Gerak KKB juga Berfungsi sebagai Sarana Olahraga Air

Sosial | 20 Mei 2021, 18:13 WIB
Bendung Gerak Kanal Banjir Barat (KKB) di Semarang, Jawa Tengah (Sumber: PPID Kementerian PUPR)

SEMARANG, KOMPAS.TV - Bendung Gerak Kanal Banjir Barat (KKB) di Kota Semarang, Jawa Tengah kini tak hanya sebagai pengendali banjir, namun juga sebagai sarana olahraga air.

Kepala Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Pemali Juana, M Adek Rizaldi menyebut, Bendung Gerak KKB dapat dimanfaatkan untuk olahraga perahu naga dan dayung, di samping dapat mengontrol tinggi muka air.

"Sehingga, bisa dimanfaatkan untuk wisata air maupun arena perlombaan seperti perahu naga atau dayung," ujar Adek dikutip dari keterangan tertulis, Kamis (20/05/2021).

Baca Juga: Stok Ditambah, Vaksinasi Covid-19 di Jateng Dipercepat

Selain itu, Bendung Gerak KKB juga terintegrasi dengan pembangunan air mancur menari di Jembatan Sungai KKB (bridge fountain) yang dibangun oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang.

Bendung Gerak KBB yang dirancang dengan empat span pintu yang masing-masing panjangnya 37,75 meter itu dilengkapi dengan rumah pompa dan rumah jaga 230 meter persegi untuk operasionalisasi bendung.

Baca Juga: Usai Lebaran, Ruang Isolasi Pasien Covid-19 Ditambah

Sehingga, saat musim hujan tiba, bendung tersebut akan berfungsi untuk menahan aliran air sungai yang masuk KBB dan pada saat elevasi 2,5 meter, kemudian akan dialirkan ke laut.

Sementara saat musim kemarau, bendung sepanjang 155,5 meter tersebut berfungsi sebagai penampungan air atau long storage berkapasitas 700.000 meter kubik.

Baca Juga: Rumah Aman Gempa Untuk Model Percontohan Masyarakat

Penulis : Aryo Sumbogo Editor : Eddward-S-Kennedy

Sumber : Kompas TV


TERBARU