> >

Anies bersama Pimpinan Daerah Penyangga Ibu Kota Sepakat Antisipasi Laju Kasus Covid-19 saat Lebaran

Update corona | 11 Mei 2021, 09:58 WIB
Rapat Koordinasi Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) DKI Jakarta bersama pimpinan daerah penyangga Ibu Kota (Bodetabekjur), Senin, (10/5/2021) (Sumber: Twitter Anies Baswedan)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Rapat Koordinasi Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) DKI Jakarta bersama pimpinan daerah penyangga Ibu Kota menyepakati protokol kesehatan selama momen lebaran Idul Fitri 1442 Hijriah.

Hal tersebut disampaikan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan melalui keterangan tertulisnya, Selasa (11/5/2021).

"Seluruh kawasan Jabodetabek-Cianjur harus mengantisipasi laju kasus aktif Covid-19 saat lebaran," kata Anies.

Forkompimda tersebut, lanjut Anies, menyepakati untuk tetap memperketat protokol 5 M: memakai masker; mencuci tangan; menjaga jarak.

Baca Juga: Mulai 12 Mei 2021 Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan Minta Warga Tak Ziarah Kubur, Ada Apa?

Anies juga mengatakan bahwa masyarakat diimabu berkegiatan di rumah saja. Dianjurkan untuk tidak melakukan kegiatan saling mengunjungi dalam wilayah yang sama atau lintas wilayah baik skala kampung, kelurahan, kecamatan, kota, kabupaten ataupun provinsi.

Untuk kegiatan salat Idul Fitri, para pimpinan daerah yang tergabung dalam Forkopimda itu, menganjurkan dilakukan di rumah masing-masing.

Adapun alternatif lain, seperti di rumah ibadah, bisa dilakukan sema masih berada di lokasi setempat, tanpa mengunjungi kawasan yang jauh dari rumah. Dan jika dilakukan di masjid setempat, maka kapasitasnya adalah 50 persen.

Hal tersebut dilakukan, kata Anies, untuk menghindari penularan lintas wilayah.

Baca Juga: Kecewa Instruksinya Tak Dijalankan, Anies Baswedan Marahi 239 PNS Pemprov DKI

Penulis : Hedi Basri Editor : Purwanto

Sumber : Kompas TV


TERBARU