> >

Serap Tenaga Kerja dengan Kembangkan Budidaya Ikan Vaname

Berita daerah | 3 Mei 2021, 17:48 WIB

PEMALANG, KOMPAS.TV - Pemkab Pemalang sudah menjalin kerjasama dengan kementerian kelautan dan perikanan terkait pengembangan budidaya udang vaname di wilayahnya. Hal itu diungkapkan bupati Pemalang Mukti Agung Wibowo saat melakukan panen raya di Desa Pesantren, Kecamatan Ulujami.

 

Salah satu lahan budidaya udang vaname yang kini sedang dalam pengembangan ialah di lahan milik PT Perkebunan Nusantara (PTPN) sembilan ini. Rencananya, lahan milik PTPN ini akan dikembangkan dari semula hanya puluhan hektar diperluas menjadi 250 hektar.

 

Perluasan budidaya udang vaname ini merupakan salah satu upaya menyerap tenaga kerja dan ikut mendorong pemulihan ekonomi masyarakat.

 

Bupati Pemalang usai melakukan panen udang mengaku dengan banyaknya lahan yang dijadikan budidaya nantinya bisa membuat daerah pesisir khususnya Pemalang menjadi sentra. Yaitu sentra udang vaname yang bisa diekspor ke mancanegara.

 

Menurut Agung, budidaya udang vaname sangat menjanjikan untuk dikembangkan karena bisa panen tiga kali dalam setahun dengan harga mahal perkilonya.

Penulis : KompasTV-Pekalongan

Sumber : Kompas TV


TERBARU