> >

TMMD ke-110, Menapak Kampung Terisolir Pariangan Menuju Masyarakat Sejahtera

Berita daerah | 6 April 2021, 20:46 WIB

HULU SUNGAI SELATAN, KOMPAS.TV – Kampung atau Dusun Pariangan, Desa Batu Bini di Kecamatan Padang Batung, Kabupaten Hulu Sungai Selatan seolah menjadi saksi kemanunggalan yang terwujud antara TNI dan masyarakat dalam program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-110 oleh Kodim 1003/Kandangan.

Memiliki potensi wisata sungai dan ekonomi kreatif, Dusun Pariangan yang dihuni 2057 jiwa berhasil terbebas dari keterisoliran setelah TNI membuka jalan sepanjang 1.300 m x 6 m dari Pariangan ke Malilingin. TNI juga membangun jembatan gelagar baja seluas 5x6 meter.

Baca Juga: TNI Bangun Jalur Menembus Belantara ke Desa Lok Batu, Kampung Terpencil di Kabupaten Tabalong

Terbukanya akses jalan menggugah rasa syukur, TNI dan warga pun bersimpuh dalam ibadah di Mushola Nataa Ijul Iman yang berhasil direhab dalam program TMMD kali ini.

Bahagia juga dirasakan dua warga pariangan Aran dan Manasiah yang rumahnya dibedah dari ketidaklayakan menjadi rumah hunian yang nyaman.

Aran tampak sumringah melihat dinding rumahnya yang dulu lapuk telah berganti kayu baru.

“Rumah saya itu gubuk ya tidak layak ditempati, sekarang diberi (satgas)TMMD, terharu rasa hati saya,”ungkap Aran.

Sembari meneteskan air mata, Manasiah, mengucapkan terimakasih kepada TNI.

“Sebelumnya hanya bisa menangis tiap malam gara-gara kebocoran, sekarang sudah bagus diperbaiki tentara kodim, saat ini Alhamdulillah diperbaiki,” tuturnya.

Baca Juga: Tiga Poin Krusial Dibahas dalam Apel Dansat Tersebar Kodam VI/Mulawarman

Danrem 101/Antasari, Brigjen TNI Firmansyah, berharap TMMD membuka kesempatan lebih luas bagi warga setempat.

“Harapannya TMMD dapat membuka akses jalan, dapat  meningkatkan perekonomian masyarakat kampung Pariangan dari Keterisolasian dan juga memberikan kemudahan anak-anak untuk melanjutkan sekolah ke jenjang yang lebih tinggi,” terang Danrem.

Selain pembangunan fisik, TMMD juga menyasar target non fisik diantaranya penyuluhan wawasan kebangsaan, pertanian, perikanan hingga desa pariwisata.

Penulis : KompasTV-Banjarmasin

Sumber : Kompas TV


TERBARU